Berita » Kunjungan Kerja Plt. Kepala Puslitbang Tanaman Pangan di Balitkabi

dsc_0983

Balitkabi menerima kunjungan kerja Plt. Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Dr. Hardiyanto MSc pada Jumat, 1 Maret 2019 di aula Balitkabi. Kunjungan Kepala Puslitbang Tanaman Pangan yang juga merupakan Kepala Puslitbang Tanaman Hortikultura didampingi oleh Kabag. TU Ir. Narta Hadiwiyata, MSi dan Kabid. PE Dr. A.M. Adnan. Kunjungan ini bertujuan untuk silaturahmi dan mempererat hubungan dengan UK/UPT dibawah Puslitbang Tanaman Pangan, selain itu juga untuk berbagi pengalaman dan sosialisasi informasi terbaru.

dsc_0939

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Dr. Hardiyanto yang merujuk pada arahan Kapala Balitbangtan Dr. Fadjri Djufry pada Raker Badan Litbang beberapa waktu yang lalu, antara lain: (1) Kita harus menunjukkan loyalitas dengan mendukung sepenuhnya program Kementan, Balitbangtan, dan Puslitbang Tanaman Pangan; (2) Kegiatan di bawah Balitbangtan merupakan kegiatan corporate, bukan hanya milik Balai Penelitian; (3) Pemberdayaan dan penguatan SDM perlu dilakukan untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi; (4) Pemberdayaan peneliti agar tidak ada hambatan dalam karirnya; (5) Pembayaran tunjangan kinerja berdasarkan kehadiran 50% dan kinerja 50%; (6) menekankan hasil riset sampai ke pengguna. Output dan outcome harus dibuktikan dengan testimoni pengguna; (7) Kita harus mendukung Program Strategis Kementan seperti : SERASI, SAPIRA, OPAL, BEKERJA dengan mengimplementasikan pada kegiatan penelitian tahun 2020; (8) Meningkatkan kerjasama dan jejaring dengan instansi lain dalam maupun luar negeri; (9) Meningkatkan sinergi antara Pusat Penelitian dan Balai Penelitian; (10) Perlu diadakan satu acara (event) besar komoditas Padi, Jagung, dan Kedelai (PAJALE) di Puslitbang Tanaman Pangan yang didukung oleh UK/UPT dibawahnya; dan (11) Tuntutan meningkatkan kecepatan dalam melaksanakan tugas.

dsc_0937

Pada kesempatan diskusi diperoleh banyak masukan dan pertanyaan dari para peneliti Balitkabi terkait dengan arahan Kapuslitbang Tanaman Pangan.  Prof Made Jana Mejaya mengungkapkan bahwa selama ini Puslitbang Tanaman Pangan sudah melakukan tugas sebagai koordinator dalam kegiatan konsorsium. Prof. Didik menambahkan, siap menyusun proposal penelitian pengembangan untuk diajukan ke Puslitbang Tanaman Pangan. “Bisa dirancang satu acara besar yang melibatkan UK/UPT lain (Balittanah, Balai Besar Mektan, Balai Besar SDLP dan lain-lain)” usul Joko Susilo Utomo PhD. Beberapa hal mengenai jabatan fungsional peneliti dan terkait Tata Usaha juga dikonsultasikan dengan Kabag. TU Puslitbang Tanaman Pangan.

dsc_0978

Sebagai penutup Dr. Yuliantoro Baliadi selaku kepala Balitkabi menekankan kembali semua pesan dan arahan dari Plt. Kapuslitbang Tanaman Pangan untuk dipahami dan dilaksanakan. Balitkabi siap mendukung rencana penyusunan “event besar” Puslitbang Tanaman Pangan dari segi Inovasi Teknologi Akabi.

 

 

WR