Berita ยป Kunjungan Kerja Tim Pakar Upsus Kementerian Pertanian

Tim Pakar Upsus Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Dr. Sam Herodian pada hari Selasa tanggal 9 Juni melakukan kunjungan kerja ke Balitkabi. Anggota tim yang hadir terdiri dari empat orang yaitu Bapak Rohadi Nurdin (PT Bukaka) serta Mr. Wuzhuwei, Mr. Hugo, dan Mr. Fushuig (Zoomlion machinery).

Tujuan kunker tersebut adalah dalam rangka melakukan koordinasi pelaksanaan pengelolaan alsintan di Provinsi Jawa Timur. Rombongan diterima oleh Dr. Didik Harnowo selaku Kepala Balitkabi beserta beberapa peneliti yaitu Prof. Nasir Saleh, Prof. Marwoto, Dr. Gatut Wahyu AS, Dr. Yusmani, Dr. Kartika, Dr. Andy Wijanarko, Ir. I Ketut Tastra, M.S., Ir. Abdullah Taufiq, M.P., Rahmi Yulifianti, S.TP., dan Cipto Prahoro, SP. Dr. Sam Herodian menyampaikan bahwa dalam pertemuan ini akan didiskusikan beberapa hal terkait adanya kemungkinan untuk diadakan kerja sama pada komoditas akabi antara Bukaka dengan Balitkabi khususnya dalam hal alat-alat pertanian.

Untuk komoditas ubi kayu, saat ini belum ada alat yang sesuai dengan kebutuhan petani. Sehingga ke depan diharapkan dapat dilakukan penelitian bersama untuk mendesain alat yang sesuai dengan kebutuhan. Harapannya ke depan bisa dirakit varietas unggul ubi kayu dengan susunan ubi seperti sisir pisang untuk memudahkan panen menggunakan mesin.

Dari pihak Bukaka dan Zoomlion menyampaikan bahwa saat ini mesin yang sudah ada untuk ubi kayu adalah mesin ridger, planter, ferlitizer, harvester, peeling, chipper, dan dryer. Dari sekian mesin yang didesain untuk ubi kayu, yang paling bermasalah adalah mesin harvester.

Untuk komoditas kedelai, Ir. Abdullah Taufiq, M.P. memberikan informasi bahwa mesin yang dibutuhkan terutama adalah planter. Sudah pernah dicoba beberapa model planter namun belum dapat digunakan secara maksimal karena kedelai ditanam pada berbagai jenis tanah.

Pada akhir diskusi, pihak Bukaka dan Zoomlion menyampaikan sangat gembira bisa berkunjung ke Balitkabi. Semoga dapat terjalin kerja sama di masa datang untuk komoditas akabi terutama kedelai dan ubi kayu. Hal serupa juga disampaikan oleh Dr. Didik Harnowo. Setelah diskusi hari ini diharapkan komunikasi tetap berlanjut untuk menindaklanjuti apa yang telah didiskusikan antara Balitkabi, Bukaka dan Zoomlion.

Dr. Didik Harnowo selaku Kepala Balitkabi menyampaikan informasi mengenai Balitkabi (kiri) dan Dr. Sam Herodian menyampaikan tujuan kunker (kanan).

Dr. Didik Harnowo selaku Kepala Balitkabi menyampaikan informasi mengenai Balitkabi (kiri) dan Dr. Sam Herodian menyampaikan tujuan kunker (kanan).

Tim dari Zoomlion machinery mempresentasikan berbagai alsintan (kanan) dan suasana diskusi (kiri).

Tim dari Zoomlion machinery mempresentasikan berbagai alsintan (kanan) dan suasana diskusi (kiri).

Foto bersama di depan kantor Balitkabi.

Foto bersama di depan kantor Balitkabi.

KN/DH