Berita » Kunjungan Mahasiswa UKSW

uksw

Balitkabi sebagai Pusat Riset (Center of Excelence) Aneka Kacang dan Umbi (akabi) memang harus menjadi referensi keilmuwan dan pengembangan komoditas akabi. Pada tanggal 28 April 2015 sebanyak 57 mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Agribisnis, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Salatiga berkunjung ke Balitkabi. Kunjungan mahasiswa didampingi oleh Dr. Suprihati, Dr. Endang Pudjihartati dan Dr. Bayu Nuswantara diterima oleh Plh. Kepala Balitkabi (Dr. Muchlish Adie). Dr. Supriharti menyampaikan terima kasih atas respon cepat yang diberikan oleh Balitkabi untuk menerima kunjungan tersebut. Disampaikan pula bahwa apa yang diberitakan di web Balitkabi ikut serta menjadi referensi yang bermanfaat untuk pengembangan keilmuwan dan bahan diskusi bagi mahasiswa di Fakultas Pertanian dan Agribisnis UKSW. Diawali penyampaian Profil Balitkabi oleh Bambang Sri Koentjoro M.Kom, dilanjutkan dengan pemaparan tentang (1) Pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian sumberdaya genetik tanaman akabi (Dr. Novita Nugrahaeni), (2) Pengenalan varietas dan benih sumber akabi (Dr. Muchlish Adie), dan (3) Peningkatan daya saing produk akabi dari aspek agribisnis (Dr. Heriyanto).

Terkait dengan strategi pengembangan dan posisi akabi, pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa adalah dengan permasalahan dan keterbatasaan lahan mengapa ditargetkan swasembada kedelai, bagaimana posisi komoditas akabi dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan peluang agribisnis komoditas akabi. Untuk memberikan penggambaran tentang kinerja Balitkabi dilakukan kunjungan ke visitor plot yang ada di KP Kendalpayak dan ke Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS).

Balitkabi selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan mahasiswa baik dalam menyelesaikan tugas magang/praktek lapang maupun melakukan penelitian. Pada akhir kunjungan, Dr. Supriharti menyampaikan apresiasi kepada Balitkabi dan benih yang ditumbuhkan akan menjadi benih kemanfaatan yang besar di masa-masa yang akan datang.

MMA