Berita » Kunjungan Peneliti Shriram Bioseed Genetics

bioseedSebagai lembaga yang telah menyandang Pusat Unggulan Iptek bidang Aneka Kacang dan Umbi (Akabi), membangun jejaring nasional dan internasional menjadi suatu keharusan. Pada tanggal 12 Juli 2018, Narendra Pal Gangwar Ph.D., peneliti dari Shriram Bioseed Genetics India Ltd, berkunjung ke Balitkabi.

Narendra menyampaikan bahwa tuntutan akan komoditas pertanian bergerak sangat cepat, baik dari sisi mutu dan kuantitas. Pertanian dan aplikasi teknologi maju memang harus berdampingan. Shriram menggunakan penerapan bioteknologi untuk menghasilkan beberapa komoditas hibrida seperti jagung, padi, sorghum, kapas, gude, tomat, dan sebagainya. Walaupun komoditas utama Balitkabi belum menjadi target kerja Shriram, Narendra terkesan dengan beberapa produk riset yang telah dihasilkan oleh Balitkabi, terutama yang terkait dengan peningkatan kandungan nutrisi dan sumber pangan fungsional.

Narendra yang sebelumnya menangani Bioseed Vietnam Limited, juga melakukan kunjungan ke UPBS Balitkabi. Banyak didiskusikan adalah pengujian mutu benih dan seleksi mutu benih yang membutuhkan tenaga kerja cukup banyak. Saat ini memang belum ada teknologi yang mampu mempercepat seleksi kebenaran genetik dari benih, sehingga satu-satunya dilakukan secara manual.

Kunjungan peneliti Shriram Bioseed Genetics, India.

Kunjungan peneliti Shriram Bioseed Genetics, India.

Komoditas aneka kacang yang ada di Balitkabi juga menjadi komoditas utama di India, seperti kacang tanah, kacang hijau, dan aneka kacang lainnya. Akan sangat baik, jika Balitkabi membangun komunikasi dan kerjasama dengan beberapa lembaga riset di India untuk bekerjasama di bidang aneka kacang. Demikian masukan di akhir kunjungan peneliti India di Balitkabi.

MMA