Berita » Perwakilan AFACI Korea Evaluasi Kerjasama Kedelai untuk Lahan Masam

af3

Salah satu misi Balitkabi di antaranya adalah mengembangkan jaringan kerjasama nasional dan internasional dalam rangka peningkatan profesionalisme dalam penguasaan iptek, serta peran Balitkabi dalam pengembangan teknologi dan pembangunan pertanian. Hubungan kerjasama penelitian antara Balitkabi dengan pihak asing sudah banyak dilakukan, salah satunya dengan AFACI. Pada kurun waktu tiga tahun ini Balitkabi mempunyai kesempatan berkerjasama dengan AFACI dalam mengembangkan Iptek. Rabu, 15 Mei 2013 Dr. Kei Won Oh dan Dr. Han Wong Young perwakilan dari AFACI Korea mengunjungi Balitkabi untuk evaluasi penelitian kerjasama antara AFACI dan Balitkabi yang berada di Indonesia. Sambutan selamat datang kepada Dr. Kei Won Oh dan Dr. Han Wong Young disampaikan oleh Plh. Kepala Balai yang diwakili Dr. Suharsono.
Acara pertemuan diisi dengan pemaparan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti Balitkabi. Penelitian yang dilakukan terdiri dari lintas disiplin ilmu yaitu: pemuliaan yang menggunakan materi genetik dari Korea dan Indonesia, teknologi agronomi pada galur-galur kedelai yang diuji, teknologi dalam perlindungan tanaman serta pasca panen. Peneliti Balitkabi yang terlibat dalam kegiatan AFACI tahun 2012 antara lain adalah 1) Dr. Heru Kuswantoro sebagai koordinator kegiatan dan bertanggung jawab pada penelitian Adaptation of Korean soybean in Indonesia dan Genetic x environment interaction for soybean promising lines adaptive to acid soil. 2) Ir. Suhartina, MS bertanggung jawab pada penelitian dengan judul Selection of soybean for drought tolerance. 3) Prof. Sudaryono yang bertanggung jawab pada penelitian Response of acid-tolerant soybean promising lines to inovative cultivation. 4) Ir. Henny K., MS bertanggung jawab pada penelitian dengan judul Evaluation of soybean promising lines to acidity. 5) Dr. Suharsono bertanggung jawab pada penelitian Screening of soybean promising lines against pod sucking bug (R. linearis) and the common army worm S. litura. 6) Eriyanto Yusnawan, PhD bertanggung jawab pada penelitian Determination of total phenolic, flavonoid contents and antioxidant activity of twenty soybean promising lines tolerant to acid soil. 7) Ir. Sumartini, MS bertanggung jawab pada penelitian dengan judul Screening of soybean promising lines against rust disease, dan 8) Ir. Erliana Ginting, MSc yang bertanggung jawab pada penelitian dengan judul Evaluation of acid-tolerant soybean promising lines for tofu.
Dr. Kei Won Oh dan Dr. Han Wong Young sangat antusias dalam mendengarkan dan menyimak hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Saran dari Dr. Han Wong Young kepada Dr. Suharsono salah satunya adalah agar bekerjasama dengan AVRDC untuk mendapatkan galur-galur kedelai yang toleran terhadap ulat grayak. Dalam pertemuan ini juga dibahas rencana kegiatan Diseminasi yang akan dilakukan di Lampung dengan mengundang petani-petani kedelai dari beberapa daerah yang ada di Lampung. Pertemuan kali ini juga membahas rencana kunjungan Ir. Erliana Ginting, MS dan Rahmi Yulifianti, STP ke Korea dalam rangka training analisis isoflavon selama dua minggu.
Dalam penutupannya Plh. Kepala Balai menghaturkan terima kasih kepada AFACI atas kerjasamanya yang telah dilakukan dan hubungan kerjasama dengan Balitkabi agar tetap dipertahankan guna kemajuan IPTEK yang bermanfaat bagi dua negara Korea dan Indonesia khususnya serta di dunia umumnya. Tak lupa acara foto bersama antara Dr. Kei Won Oh, Dr. Han Wong Young, Plh. Kepala Balai, dan para peneliti yang terlibat sebagai dokumentasi hubungan antara Balitkabi dengan AFACI Korea.


Mit/EY