Berita » Lagi dan Lagi, Mentan Buktikan Ekspor

eksporProsesi pecah kendi menandai ekspor tiga komoditas hortikultura oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman didampingi Gubernur Jawa Timur Sukarwo dan Dirjen Hortikultura Suwandi di hadapan pelaku usaha dan jajaran Kementan dan Dinas Pertanian.

Diakui, untuk pertama kali mangga Indonesia masuk pasar Malaysia dengan jumlah 100 ton. Selain itu, pada kondisi pasar saat ini sangatlah mendongkrak nasib petani bawang merah dengan diekspornya 800 ton bawang merah Jawa Timur ke Philipina. Tak tangung-tanggung, 800 ton benih kangkung juga diekspor ke China, Malaysia, dan Vietnam. “Peningkatan ekspor produk pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani sangat perlu untuk dilakukan,” kata Amran. Ditambahkan, pertumbuhan ekonomi bisa bangkit bila bisa melakukan dua hal yaitu ekspor dan peningkatan investasi.

ekspor2

Launching ekspor kali ini juga membuktikan besarnya potensi pertanian Indonesia sebagai penyedia pangan Nasional, yaitu mampu berdaulat tanpa impor bahkan menuju pemenuhan kebutuhan pangan dunia. Angka nilai ekspor di tahun 2017 sebesar 442 triliun rupiah, naik sebesar 24% dibanding tahun 2016. Hal tersebut menyebabkan surplus neraca perdagangan pertanian sebesar 214 triliun rupiah.

Mentan menginginkan menambah kawasan pengembangan pertanian disertai pendampingan intensif dari aspek hulu-hilir menuju produk pangan petani yang berorientasi ekspor.

YB