Berita » Lepas Sambut Kepala Balitkabi

sertijabBertempat di Aula Balitkabi, pada Selasa 5 Juni 2018 diselenggarakan acara lepas sambut Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi dari Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D. kepada Dr. Yuliantoro Baliadi, M.S. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc., Kabag TU Puslitbangtan Ir. Narta Hadiwiyata, M.Si., Dr. Bram Kusbiantoro (wakil dari SMARTD), pimpinan seluruh UPT Balitbangtan di Jatim, BBIB Singosari, Muspika, DWP Balitkabi, Prof Riset, dan seluruh ASN Balitkabi.

Selama 1 tahun 3 bulan di bawah kepemimpinan Ir. Joko Susilo Utomo, MP. Ph.D., Balitkabi telah meraih banyak prestasi yang cukup membanggakan, antara lain terpenuhinya semua IKU Balitkabi, dirakitnya teknologi budi daya kedelai di berbagai agroekosistem (Kepas, Biodetas, Budesa, Budena, Budenopi), UPSUS (wilayah Malang, Pasuruan, dan Probolinggo), SERGAP (wilayah Lamongan, Malang Ngawi, Jember, dan Banyuwangi), kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, PVT, Paten, Inkubator, Sarana Prasarana, serta peningkatan kualitas SDM.

Di awal sambutannya, Ir. Joko Susilo Utomo, MP. Ph.D. menyampaikan terimakasih kepada Badan Litbang Pertanian yang telah menyetujui pengajuan alih fungsi jabatan dari struktural kembali ke fungsional pada tanggal 31 April 2018. Pada 3 Mei 2018, secara resmi Dr. Yuliantoro Baliadi, M.S. dilantik untuk menggantikan Ir. Joko Susilo Utomo, M.S., Ph.D.

Melanjutkan sambutannya, beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh karyawan/karyawati Balitkabi yang telah bekerja keras luar biasa dalam mendukung pencapaian kinerja tersebut. Masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan dan akan menjadi “PR” bagi kepala balai yang baru. Permohonan maaf juga disampaikan kepada semua pihak atas tindakan yang kurang berkenan selama menjabat sebagai kepala Balitkabi.

sertijab1

Pucuk kepemimpinan Balitkabi digantikan oleh sosok yang cukup dikenal di Balitkabi. Dr. Yuliantoro Baliadi, M.S. merupakan salah satu putra terbaik Balitkabi yang telah kembali dari masa-masa penggemblengan di luar Balitkabi selama 6 tahun.

Sebelumnya beliau merupakan peneliti di bidang Hama dan Penyakit di Balitkabi. Enam tahun yang lalu beliau diberi amanah untuk menjadi Kepala Bidang PE BB Padi selama hampir empat tahun, kemudian menjadi Kepala BPTP Papua pada 2016. Pada tahun 2018 ini kembali pulang sebagai Kepala Balitkabi.

Dr. Yuliantoro Baliadi, M.S. menyampaikan bahwa telah banyak pencapaian-pencapaian membanggakan yang telah diraih Balitkabi di bawah kepemimpinan Ir. Joko Susilo Utomo, M.S., Ph.D,. Beliau bertekad akan melanjutkan dan menyelesaikan “PR” yang tersisa. “Jangan bicara apa yang sudah bisa, karena itu sudah biasa. Bicaralah apa yang akan kamu lakukan,” kata Dr. Yuliantoro. Beliau mencontohkan peneliti Balitkabi telah berhasil dalam peningkatan produksi dan perakitan teknologi, maka jangan hanya berhenti disitu, tetapi lakukan langkah-langkah selanjutnya, sebagai contoh dilanjutkan dengan penelitian metabolit sekunder dan pengolahan pangan.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Sekretaris Badan Litbang Pertanian. Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc memberikan arahan mengenai pentingnya peran sarana dan prasarana khususnya laboratorium dan kebun percobaan serta peningkatan SDM menuju era kekinian yang dinamis dan tidak melupakan tupoksi institusi. Balitkabi diminta me-recall kegiatan dan hasil-hasil yang telah diperoleh dengan harapan generasi penerus tahu dan mencegah pengulangan serta fokus pada kegiatan ke depan. Khusus kepada peneliti-peneliti muda diharapkan lebih banyak belajar khususnya tentang permasalahan di lapangan dan diminta untuk menempatkannya di kebun-kebun percobaan untuk percepatan pemahaman.

Pada acara ini juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Balitkabi dari Ibu Dyah Mustika Joko Susilo Utomo kepada Ibu Yayuk Yuliantoro Baliadi, pemberian tali asih, dan ditutup dengan ramah-tamah serta buka puasa bersama.

sertijab2

WR