Berita ยป KP Genteng : Lingkungan Apik, Penelitian Ok!

genteng4

Kebun Percobaan lingkup Badan Litbang Pertanian, memang berposisi strategis. Keutamaannya pasti sebagai tempat penelitian; juga sebagai pemelihara plasma nutfah, produksi benih sumber, agrowisata, sumber pendapatan negara. KP Genteng yang berlokasi di ujung timur Jatim yakni di Banyuwangi, hampir memenuhi fungsi KP yang sebenarnya.

Begitu masuk gerbang dan halaman KP, peneliti yang baru berkunjung, selalu mengawali dengan ucapan waowww. Setahun terakhir, KP Genteng berbenah. Halaman menjadi apik, bahkan kata Pak Marno, panggilan akrab Kepala KP Genteng, Ir Sumarno, KP harus menjadi nyaman untuk dikunjungi, bukan menakutkan. Memang terbukti, setiap hari libur, pengunjung yang bermain-main di halaman KP semakin banyak. Bahkan obsesinya, halaman akan ditanami komoditas kabi, agar anak-anak kenal komoditas kabi, kata P Marno. Bahkan mess KP Genteng, selalu digunakan tempat bermalam peneliti.

Saat Kepala Balitkabi melakukan kunjungan kerja ke KP 23 Agustus 2011, keragaan BS kacang tanah 5 ha, penelitian kedelai, kacang hijau, ubikayu, ubijalar, keragaannya sangat bagus. Hasil optimal tersebut, tidak terlepas, semangat kerja dan kebersamaan SDM KP Genteng yang memang sangat solid. Simak saja, saat tanam semua teknisi dan kepala KP terlibat. Bahkan pengendalian hama penyakit dilakukan sendiri oleh teknisi. Ini yang belum dilakukan oleh teknisi KP lain, di lingkup Balitkabi.

Sebagai KP lingkup Litbang, tentu juga sebagai arena kerja praktik mahasiswa dan siswa, kunjungan petani, bahkan KP Genteng juga berperan penting sebagai rujukan penyedia benih padi. Kata Pak Marno permintaan varietas Mekongga cukup tinggi, dan sekarang banyak yang meminta Inpari 13. Rumah Pangan Lestari (RPL) juga sudah mulai menggeliat, penanaman sayuran telah dilakukan, bahkan kandang ayam di atas kolam ikan telah berdiri mapan. Tinggal menunggu memetik hasilnya, imbuh para teknisi KP, sambil tertawa.

Halaman depan KP Genteng, menarik untuk dikunjungi

CPNS Balitkabi dan mahasiswi UNEJ, ikut serta menanam kacang hijau 11 Agustus 2011-08-24.

RPL, kandang ayam di atas kolom ikan dan itik

KP Genteng juga menjadi rujukan permintaan benih padi