Berita » Mahasiswa ITS Kuliah Stastitika Terapan di Balitkabi

its_dsc_0379

Sebanyak seratus enam puluh mahasiswa Jurusan Statistika ITS Surabaya mendalami penerapan statistika di Balitkabi, Senin (27 Mei). Mereka bermaksud melihat langsung penerapan ilmu statistik di dunia penelitian pertanian. Menurut Pak Sutikno, dosen pengawal kunjungan ini, bahwa penerapan statistik di pertanian penting diketahui oleh para mahasiswanya, karena negara kita itu agraris, dan Jawa Timur ini pilar pertanian Indonesia.

Tiga materi utama penerapan statistik penelitian di Balitkabi diberika oleh tiga peneliti, yaitu: (1) Dr Titik Sundari, untuk pemuliaan tanaman, (2) Ir Henny Kuntyastuti, M.S. menyampaikan statistika untuk penelitian budidaya tanaman, dan (3) Ir Sri Wahyuni Indiati, M.S. membagi pengalaman penerapan statistika untuk penelitian hama dan penyakit tanaman.

Setelah menerima materi di kelas, para mahasiswa dari lintas semester tersebut dibawa ke lapang untuk melihat kegiatan penelitian di lapang dan Kebun Percobaan Kendalpayak, khususnya melihat bagaimana ilmu statistik diterapkan untuk penelitian tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Sebelumnya mereka diterima oleh Ir. Achmad Winarto, yang memberikan penjelasan tentang tugas, fungsi, dan hasil-hasil peneltiian yang dihasilkan oleh Balitkabi dalam mendukung pembangunan pertanian di Indonesia.

AW/Far