Berita » Makna Ikhlas Berkurban Staf Balitkabi

Kegiatan pemotongan hewan kurban di Balitkabi, 3 Agustus 2020

Kegiatan pemotongan hewan kurban di Balitkabi, 3 Agustus 2020

Bahwa harta, kekuasaan, jabatan, hidup dan mati, keturunan dan segala anugerah kenikmatan yang kita rasakan pada hakikatnya adalah milik Allah dan setiap saat Dia berhak untuk mengambilnya kembali. Inilah makna berkurban yang disampaikan Dr. Rudi Iswanto selaku ketua takmir Masjid Al-Muttaqien Balitkabi saat memberikan sambutan pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Senin 3 Agustus 2020 di Balitkabi.

Lebih lanjut disampaikan Rudi, kegiatan ibadah sekaligus tradisi tahunan ini membawa memori pada peristiwa kenabian di masa lampau. Penyembelihan hewan akan membawa pikiran, hati dan keimanan kita pada peristiwa puluhan abad silam yang dialami oleh Nabi Ibrahim A.S dan putranya Ismail yang sangat sabar dan patuh terhadap perintah Allah SWT yang kisahnya tertulis dalam Qur’an surat Ash-Shaffat ayat 102-105.

Nabi Ibrahim dan Ismail adalah cermin sebuah pemahaman, keyakinan dan keimanan mutlak kepada Allah, bahwa sesungguhnya segala yang datang dari Allah adalah kebenaran. Meski awalnya terjadi pergolakan batin yang luar biasa di saat putra kesayangan harus disembelih, tetapi dengan ketaatan dan keikhlasan bahwa semua adalah milik Allah semata, nabi Ibrahim melaksanakan perintah untuk menkurbankan buah hatinya. Inilah teladan yang perlu direfleksikan oleh setiap muslim, termasuk staf Balitkabi yang saat ini merayakan dan melaksanakan ibadah kurban 1441H.

Sapi kurban

Sapi kurban

Penyembelihan hewan kurban

Penyembelihan hewan kurban

Pemotongan daging

Pemotongan daging

Pengemasan daging

Pengemasan daging

qurban5 qurban6
Penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar kantor Balitkabi

qurban7

Sambutan acara tasyakuran kurban oleh ketua takmir didampingi Plt. KTU

Makan siang bersama tasyakuran kurban 1441 H

Makan siang bersama tasyakuran kurban 1441 H

Dipimpin Plt. KTU Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom sebagai Ketua Pelaksana kegiatan dan Dr. Rudi Iswanto, S.P, M.P. sebagai Ketua Takmir serta didukung oleh 63 orang panitia pemotongan 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing hewan kurban yang berasal dari staf Balitkabi telah dilaksanakan dengan baik.

Rangkaian kegiatan kurban diawali dengan do’a pembuka oleh Ustadz Suyamto, S.P., kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan satu persatu hewan kurban. Seluruh rangkaian kegiatan pemotongan hewan kurban, pembersihan, pemotongan, pengemasan hingga penyalurannya dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan COVID-19. Penyaluran daging kurban telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya dengan mendata masyarakat di sekitar kantor Balitkabi sehingga diperoleh lebih dari 550 orang penerima dan 3 Panti Asuhan.

Sebagai ungkapan rasa syukur, takmir masjid mengadakan tasyakuran kurban dengan makan siang bersama seluruh karyawan/ti Balitkabi. Ucap syukur tiada henti disampaikan ke hadirat Allah atas kelancaran kegiatan ini, disertai doa semoga di tahun depan diberikan umur dan rejeki untuk menunaikan ibadah kurban lebih baik lagi. Rasa bahagia terpancar dari masyarakat yang menerima pembagian daging kurban semoga menjadi saksi niat ikhlas dari pengkurban maupun panitia sebagai penyelenggara.

ELY