Berita » Matrik Program Penelitian Kabi 2013 Dibahas Bersama

matrik-2-2012

Memperhatikan besarnya tugas Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, namun perangkat struktural yang terbatas, maka agar tugas dan fungsinya dapat berjalan efektif, perlu dibentuk kelembagaan internal berbasis fungsi untuk membantu Kepala Unit Kerja dalam menjalankan tugas manajemen. Dengan pertimbangan itulah maka perlu dibentuk Tim Program Balitkabi untuk mendukung perencanaan penelitian dan manajemen operasionalnya.

 

Tugas Balitkabi adalah merencanakan penelitian untuk mencapai visi dan misi, sasaran sesuai tugas dan fungsi sebagai penghasil teknologi, sebagaimana digariskan oleh renstra dan RIPP. Pelaksanaan penelitian beserta alokasi anggarannya sangat diperlukan agar Balitkabi mampu memenuhi tugasnya untuk menghasilkan inovasi teknologi produksi aneka kacang dan ubi. Dokumen perencanaan penelitian dan anggaran merupakan pedoman operasional kinerja Balitkabi.

Untuk mencapai sasaran target tahun depan, Balitkabi membahas rencana kegiatan penelitian tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian untuk tahun 2013 pada Selasa (7/2/2012). Pembahasan diawali dengan penyusunan Matrik Kegiatan Penelitian. Matrik kegiatan penelitian tahun 2013 ini sudah harus siap dibahas di Puslitbangtan pada bulan Maret 2012.

Pembahasan matrik bertujuan untuk penajaman kegiatan penelitian kacang-kacangan dan umbi-umbian agar fokus pada keluaran Indeks Kinerja Utama Balitkabi berupa karakterisasi plasma nutfah, varietas unggul, teknologi, publikasi. Pembahasan matrik program kegiatan penelitian kacang-kacangan dan umbi-umbian dibahas secara bersama oleh lima  profesor riset, Koordinator Program, Koordinator Komoditas, Ketua Kelompok Peneliti, dan para penanggung jawab RPTP dan serta Kepala Balitkabi. Dari pembahasan tersebut muncul matrik penelitian aneka kacang dan umbi sejumlah 11 RPTP.

Suasana pembahasan Matrik Program Penelitian Kabi 2013 di Aula Utama Balitkabi, Selasa (7/2/2012)


Joko SU/Win