Berita » Mengenal Manajemen Talenta ASN Nasional

talenta

Sumberdaya manusia, pasti menjadi titik sentral kekuatan suatu bangsa. Pada era pemerintahan sekarang, posisinya semakin diperkuat, termasuk peran dan posisi aparatur sipil negara (ASN). Menyikapi hal tersebut, pemerintah mulai merancang Manajemen Talenta ASN Nasional, sasarannya adalah Menuju Birokrasi Berkelas Dunia.

Basis pembentukan Manajemen Talenta Nasional, karena pada tahun 2045 diharapkan Indonesia menjadi negara yang Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur, sehingga semakin diperlukan jajaran ASN yang profesional dan berintegritas. Dasar urgensinya adalah (1) pencapaian tujuan pembangunan nasional, (2) revolusi industri 4.0, (3) globalisasi dan keterbukaan ekonomi global, (4) future of governance, dan (5) performa pemerintah. Bappenas menyusun war for talent yang terdiri dari define, attract, select, develop, engage, dan deploy.

Panduan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Manajemen Talenta Nasional yang terkait dengan sektor publik, yakni ASN, dikoordinasikan oleh Kementerian PANRB. Walaupun hingga saat masih diperlukan penyempurnaan infrastruktur manajemen talenta, seperti pemetaan talenta yang didasarkan kepada kompetensi dan kinerja, standarisasi metoda assessment center, penilaian kinerja yang objektif, serta perbedaan remunerasi antar instansi.

talenta1

talenta2

Yang menarik disampaikan oleh Yudho Baskoro Muliadi (Kemenristekdikti), bagaimana memperkuat posisi iptek nasional dalam jaringan manajemen talenta nasional. Diperlukan SDM unggul serta produk riset yang juga unggul. Tidak cukup hanya dengan business as usual, diperlukan lompatan yang lebih tinggi. Tantangan hari ini dan ke depan.

MMA