Berita » Menjajagi Kerjasama dengan SHS

Sejatinya, antara Balitbangtan dengan PT Sang Hyang Seri (Persero) telah melakukan kerjasama sejak beberapa tahun yang lalu. Pada 26 Oktober 2015, Plt. Direktur Utama PT SHS, Syaiful Bahri, didampingi oleh Hariyanta dan B. Arief, F., melakukan kunjungan ke Balitkabi.

Tujuan kunjungan adalah mengetahui potensi produk riset akabi dan mendiskusikan peluang pamanfaatan produk riset. Kunjungan diterima oleh Dr. Muchlish Adie dan Prof. Marwoto.Balitkabi yang telah ditetapkan sebagai salah satu pusat unggulan iptek, menyampaikan berbagai hasil risetnya.

Disampaikan juga bahwa kendala selama ini adalah pemanfaatan produk riset dalam skala masif, dalam skala industri. Upaya hilirisasi berupa temu lapang, keikutsertaan dalam temu bisnis dan sebagainya telah dilakukan oleh Balitkabi.

Bapak Syaiful Bahri, tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dan melakukan pengembangan kedelai hitam. Dalam pertemuan tersebut, disepakati, pada tahap awal melakukan petak percontohan pengembangan kedelai hitam yang dilakukan di Jawa Timur dan di lahan PT SHS di Sukamandi, masing-masing seluas 1 ha.

Kepada tamu dari SHS diserahkan publikasi Balitkabi, berupa leaflet varietas, teknologi budidaya akabi, produk olahan berbasis umbi-umbian, dan produksi benih kedelai. Dalam waktu yang lama lahan pantura, yang relatif luas, pada MK 2 tidak ditanami alias bero, padahal sebetulnya potensinya bagus untuk pengembangan kacang hijau.

28-10-15

Oleh karena itu PT SHS pun berminat mendalami pengembangan kacang hijau. Untuk tujuan itu maka akan dikembangan kacang hijau varietas Vima 1. Pada akhir kunjungan, dilakukan kunjungan ke KP Kendalpayak untuk melihat panen kacang hijau.
MMA