Berita » Menjawab Tantangan Produktivitas Kedelai di Lahan Pasang Surut

_dsc5577Lahan pasang surut, digadang-gadang memiliki potensi besar sebagai penyedia lumbung pangan, termasuk untuk komoditas kedelai. Penyebabnya adalah karena potensi lahan pasang surut yang cukup luas di Indonesia. Varietas unggul kedelai merupakan komponen pengungkit produktivitas kedelai di lahan pasang surut yang berbiaya murah, namun harus diintegrasikan dengan komponen teknologi budi daya lainnya.

Balitbangtan telah memiliki dua varietas kedelai adaptif lahan pasang surut yakni varietas Lawit dan Menyapa yang dilepas pada tahun 2001. Pemulia kedelai Balitkabi yaitu Dr. Heru Kuswantoro, yang didukung oleh tim peneliti lainnya, berhasil memperoleh sejumlah galur harapan yang berpotensi untuk dikembangkan di lahan pasang surut. Galur harapan tersebut diusulkan untuk dilepas sebagai varietas unggul adaptif lahan pasang surut. Proposal pelepasannya disampaikan pada Seminar Internal Balitkabi pada tanggal 8 Juni 2018.

Arahan Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi, varietas kedelai adaptif lahan pasang surut telah ditetapkan sebagai IKU Balitkabi tahun 2018. Diharapkan semua peneliti kompeten bisa mendukung termasuk tim dari jasa penelitian. Dalam diskusi, usulan empat galur harapan perlu dipertimbangkan khususnya dari sisi reaksinya terhadap penyakit karat sebagai sifat penting yang harus dimiliki oleh calon varietas yakni bereaksi agak tahan hingga tahan.

0806a

Yang menarik, diperoleh tiga galur harapan yang memiliki kadar protein sekitar 40% dan 1 galur harapan memiliki kadar lemak di atas 20%. Kadar protein tersebut lebih tinggi dari varietas pembanding Lawit maupun Anjasmoro, namun hasil bijinya sepadan dengan Anjasmoro.

Proposal pelepasan kedelai adaptif lahan pasang disarankan selain mempertimbangkan daya hasil, ketahanan terhadap penyakit karat daun, juga mengkombinasikan keunggulannya dengan kadar protein dan kadar lemak.

Penyediaan varietas unggul kedelai diharapkan dapat mengoptimalkan produktivitas kedelai di lahan pasang surut.

AyK