Berita » Mentan Pacu Terus Harkat Ekonomi Petani

Kementerian Pertanian tidak henti-hentinya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani, yang salah satunya diupayakan melalui ekspor berbagai komoditas pertanian. Selain beras, jagung, ubikayu, dan juga kedelai, pemacuan komoditas pertanian lainnya memiliki peluang dinaikkan harkatnya menjadi komoditas yang layak diekspor.

Gambar 1. Sambutan Menter Pertanian pada Ekspor Perdana Domba ke Malaysia

Indonesia memiliki populasi domba yang cukup besar, termasuk yang ada di Jawa Timur. Diperkirakan populasi domba di Indonesia telah mencapai 35 juta ekor, yang tersebar di 10 provinsi. Hari ini, 28 Juni 2018, Menteri Pertanian, Dr. Andi Amran Sulaiman, melakukan launching ekspor perdana domba ke Malaysia. PT Inkopmar Cahaya Buana sebagai pengekspor domba bekerjasama dengan Puskopal Armatim bertekad akan terus memacu ekspor domba ke Malaysia yang pada tahap awal diekspor sebanyak 2.500 domba, secara bertahap ditargetkan mencapai 60.000 ekor/tahun. Pada kesempatan ekspor perdana tersebut juga dibarengi dengan serah terima naskah perjanjian antara eksportir dan importir dari Malaysia.

“Sudah saatnya bangsa Indonesia, petani Indonesia, harus mulai mengekspor sumber pangan berprotein”, ujar Amran. Saat ini, Indonesia sudah mampu mengekspor daging sapi premium, telur, ayam, dan susu, sehingga ekspor domba yang dilakukan hari ini merupakan kemajuan tersendiri dalam upaya swasembada protein di Indonesia. Ekspor komoditas sumber protein merupakan indikasi bahwa Indonesia sudah mampu menyediakan sumber protein bagi penduduknya. Berdasarkan populasi domba yang cukup tinggi di Indonesia, maka Amran menargetkan ekspor sebanyak 40.000 ekor per bulan sesuai dengan kuota yang dijanjikan kepada negara pengimpor. Khusus untuk Jawa Timur, Amran menargetkan sebanyak 25.000 ekor per bulan. Upaya tersebut seharusnya dapat dicapai dengan kerja keras dari semua lini, diawali oleh peternak penghasil yang harus mampu menghasilkan domba berkualitas baik maupun dari aspek perniagaan meliputi harga, standar kualitas, manajemen maupun transportasi.

expor1

Gambar 2. Pelepasan mobil pengangut domba menuju kapal pengangut ke Malaysia.

Kegiatan diakhiri dengan melepas secara resmi kendaraan pengangkut domba untuk menuju kapal pengangkut ke Malaysia. Makmurlah petani Indonesia.

JSU/BSK/Ayk