Berita ยป Mentan Syahrul Yasin Limpo Lakukan Video Confence Kementerian Pertanian Peduli COVID-19

Mentan SYL dalam video conference Kementerian Pertanian Peduli COVID-19, 17 April 2020

Mentan SYL dalam video conference Kementerian Pertanian Peduli COVID-19, 17 April 2020

Gerakan Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19 di Lingkup Kementan berhasil menggugah nurani seluruh anggota KORPRI Kementan dengan menyumbangkan sebagian penghasilannya yang terkumpul sebesar Rp. 2.685.429.125 di bulan April 2020 dan telah ditetapkan calon penerima sebanyak 12.779 orang yang terdiri dari ASN dengan penghasilan rendah, tenaga honorer, petugas cleaning service, pengurus taman serta masyarakat di lingkungan sekitar.

Melalui video conference, Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara simbolis pada Jumat, 17 April 2020 membagikan sumbangan kepada sembilan orang perwakilan yaitu: ASN grade 5 ke bawah, petugas cleaning service, petugas taman, dua pegawai kantor (pramusaji dan sekuriti) dan empat kelurahan yaitu Pasar Minggu, Cilandak Timur, Tanjungkarang, dan Ragunan.

Pada sambutannya Mentan yang didampingi Eselon-1 diantaranya Sekjen Kementan Dr. Momon Rusmono, Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry dan Kepala Barantan Dr. Ali Jamil menyampaikan bahwa semua kerja baik ini akan dihitung oleh Allah, COVID-19 hadir di seluruh dunia, kejutkan dunia dan ini berbeda dengan krisis-krisis yang melanda sebelumnya. Hanya ada dua solusi yakni Medical Solution dan Food Solution dan tambahan ketiga adalah Pendekatan Ketuhanan.

Dari sisi medical solution dijelaskan ini masalah kesehatan, Mentan ingatkan pengertian physical distancing untuk jaga jarak, hindari kerumunan dibarengi olah raga, vitamin, berjemur dan konsumsi jamu herbal kunyit, jahe merah, asam jawa, kapulaga, cengkeh, sereh, madu misalnya. ” Jamu kita hebat”, kata Mentan. Rakyat bisa makan, pertahankan hidup karena tidak ada orang yang tidak butuh makan, lanjutnya Bung SYL sebelum sampaikan Food Solution dan Pendekatan Ketuhanan.

Tingkat kepedulian prima seorang Mentan kali ini tegas, beliau titipkan untuk dipikirkan oleh jajarannya kehidupan pegawai honor terfokus para penyuluh pertanian. Harapan semua wabah COVID-19 stop, jangan biarkan orang-orang yang merugikan pertanian, ini semua untuk kepentingan bangsa dan negara. Pertanian tidak kenal krisis, tidak dikenal krisis ekspor pertanian karena pasar dunia tetap membutuhkan pasokan dari komoditas Indonesia. Mengakhiri arahannya, Mentan minta seluruh jajaran Kementan jaga kekompakan bersama, banyak tantangan, masalah dibungkus bersama dengan hati tulus.

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi bersama pejabat eselon 4, PPK dan Peneliti mengikuti video confence dengan Mentan SYL, 17 April 2020

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi bersama pejabat eselon 4, PPK dan Peneliti mengikuti video confence dengan Mentan SYL, 17 April 2020

YB