Berita » Menunggu 11 Tahun untuk Syukuran Akreditasi

suasana_syukuran

Salah satu wujud terima kasih kepada sang pencipta adalah bersyukur. Syukur dapat diungkapkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah tumpengan. Ya, Senin siang (7/5/12), Balitkabi bersyukur. Syukur atas terakreditasinya Buletin Palawija oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dengan Surat Keputusan 395/D/2012 dari Kepala LIPI, dan Sertifikat Akreditasi Majalah Ilmiah Nomor 430/Akred-LIPI/P2MI-LIPI/04/2012, tertanggal 24 April 2012, Buletin Palawija dinyatakan TERAKREDITASI.

Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie saat mengawali sambutannya mengatakan arti penting dari rasa syukur. “Sudah sepatutnya kita bersyukur atas semua yang sudah kita capai. Karena kesuksesan dan keberhasilan itu tidak semata-mata jerih payah kita sendiri, tanpa pertolonganNya kita tidak akan dapat menggapai semua itu”, kata Pak Muchlish.

Menurut Pak Muchlish setelah bersyukur ada amanah lain yang harus diemban, yaitu menjaga akreditasi agar tetap melekat pada Buletin Palawija. “Ini merupakan tantangan dan sekaligus tanggungjawab seluruh pengelola Buletin dan kita semua” tutur Pak Muchlish.

Sebelumnya Ketua Redaksi Pelaksana, Achmad Winarto, yang membidani lahirnya Buletin Palawija tahun 2001, menyampaikan bahwa penulis harus lebih cermat menyiapkan naskah untuk Buletin Palawija. Substansi tulisan dan state of the new art harus menjadi fokus penulis, karena itu nilai tertinggi dari akreditasi. Penulis harus mengikuti panduan baku alias gaya selingkung. “Upayakan fokus ke isi dan substansi, jangan mengubah style atau gaya selingkung yang menjadi tugas Redaksi dan Redaksi Pelaksana’ tutur Pak Win yang merasa plong pikirannya, karena setelah 11 tahun mengawal dan kini Buletin Palawija lulus akreditasi.

Tasyakuran diikuti seluruh karyawan-karyawati Balitkabi. Pada tasyakuran ini Pak Muchlish mendapatkan kesempatan perdana memotong tumpeng untuk diserahkan kepada Alfi Inayati, Sekretaris Redaksi.

Selamat kepada Redaksi dan Balitkabi. Selamat kepada Puslitbang Tanaman Pangan dan terima kasih kepada Badan Litbang Pertanian yang telah membina Balitkabi sehingga Buletin Palawijanya mampu lulus akreditasi.

Mari kita tingkatkan kualitas publikasi kita agar siap mepertahankan dan meningkatkan nilai akreditas tiga tahun yang akan datang.

Achmad Winarto (Redaksi Pelaksana, kiri) dan Dr Muchlis Adie (Ka Balai) saat mengawal syukuran

Nasi Tumpeng diberikan kepada Alfi Inayati, MP.  sebagai sekretaris Redaksi Bul Palawija mewakili Kelompok muda Balitkabi