Berita » Menyelisik Bioaktivitas Alpinia sp.

Gambar 1. Tanaman Alpinia Sp.

Gambar 1. Tanaman Alpinia Sp.

Alpinia sp. termasuk tanaman umbi-umbian dari famili Zingiberaceae, dan di Indonesia banyak ditemukan di hutan hujan. Tanaman ini umum digunakan sebagai ornamental crops karena keindahan bunganya. Disamping fungsinya sebagai tanaman hias, Alpinia sp. diyakini memiliki bioaktivitas yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan manusia. Hal inilah yang menarik minat Dr. Ir. Muchdar Soedarjo, M.Sc. untuk meneliti bioaktivitas pada tanaman  tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, pada kegiatan seminar intern Balitkabi, Muchdar mempresentasikan hasil penelitiannya pada kegiatan postdoc di Kyushu University (Jepang) yang berjudul “In Vitro Bioactivity Evaluation of Ethanol and Water Extracts of Alpinia sp.”. Acara seminar yang diselenggarakan di Aula Balitkabi dihadiri oleh peneliti dan teknisi.

Muchdar menyampaikan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas kandungan bioaktif yang meliputi antioksidan, anti-lipase, anti-bacteria, dan anti-melanin dari berbagai bagian tanaman Alpinia sp.  Bahan yang digunakan adalah bagian-bagian tanaman yang meliputi tanaman utuh, daun, batang, kulit batang, daging umbi, kulit umbi, akar, bunga, dan bagian bunga. Bahan-bahan tersebut diekstrak menggunakan air dan etanol. Setelah itu, sampel tersebut diuji kandungan antioksidan (DPPH, ORACFL), anti-lipase, anti-bakteria (E.coli dan S. aureus), dan anti-melanin.

alpinia1

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Ekstrak Alpinia sp. menggunakan etanol dapat mengungkapkan aktivitas antioksidan, antibakteri, anti-lipase, dan anti-melanin lebih nyata dibandingkan dengan yang menggunakan air, (2) Biosintesis anti lipase dan anti melanin dari ekstrak etanol ditemukan tergantung pada dosis, (3) Tingkat bioaktifitas bervariasi di berbagai bagian tanaman, dan (4) Bagian-bagian tertentu Alpinia sp. yang diekstrak dengan etanol dapat digunakan sebagai sumber potensial antioksidan, antibakteri, anti-lipase dan anti-melanin.

WR