Berita » Menyiapkan Galur Harapan Kedelai Masa Depan

Observasi bersama petani.

Observasi bersama petani.

Varietas kedelai masa depan selayaknya tidak hanya mencirikan kemampuan berproduksi tinggi namun juga harus sesuai dengan prasyarat kebutuhan pengguna (khususnya industri), efisien dalam memanfaatkan sumberdaya masukan dan mampu mencegah kehilangan hasil. Industri kedelai di Indonesia (industri tempe dan petani) menghendaki kedelai berumur genjah dan berukuran biji besar. Efisiensi budidaya kedelai diantaranya melalui penyediaan varietas kedelai toleran terhadap cekaman biotik dan tahan pecah polong.

Rancangan penyediaan varietas kedelai yang memenuhi sebagian persyaratan di atas telah dilakukan oleh Balitkabi dan saat ini telah berada pada tahap uji daya hasil lanjut. Sasaran dari uji daya hasil lanjut tersebut adalah diperolehnya sejumlah galur harapan (promising lines) yang berdaya hasil tinggi, toleran hama pengisap polong, tahan pecah polong, berumur genjah dan berukuran biji besar.

Uji daya hasil lanjut terhadap 22 galur kedelai, dilakukan di Mojokerto pada MK 2 2018 dan disertai dengan dua varietas pembanding yaitu Anjasmoro dan Dega 1. Observasi pada saat tanaman berumur 59 hari, yang dilakukan bersama-sama dengan beberapa anggota Kelompok Tani Sri Rejeki, tampak galur kedelai yang diuji menampilkan pertumbuhan yang optimal. Respon petani seperti biasanya, menanyakan jenis varietas apa yang diuji, mengapa kok banyak yang diuji, dan benih yang baik apakah bisa langsung dikembangkan di sini. Secara umum anggota kelompok tani menyatakan pertumbuhannya sangat bagus dan hasilnya bisa tinggi apalagi polongnya besar-besar, siapa tahu bijinya juga besar, ungkapnya. Pilihan kesukaan terhadap masing-masing galur kedelai berbeda-beda antar petani. Observasi bersama dengan petani akan dilakukan kembali pada saat tanaman menjelang masak, sehingga terlihat perbedaan umur masak dan keragaan tanaman secara utuh untuk memperkirakan potensi hasilnya. Pada petak pinggiran penelitian ditanami Varietas Derap 1, petani menyatakan menyukainya, bulunya banyak dan daunnya relatif tebal.

Harapan mendapatkan galur harapan kedelai masa depan.

Keragaan galur kedelai generasi lanjut dan Derap 1 (paling kanan).

Keragaan galur kedelai generasi lanjut dan Derap 1 (paling kanan).

AyK