Berita » Merakit Masa Depan Kacang Tanah Tahan Salinitas

Aksesi kacang tanah MLGA 0475 mampu berpolong pada umur 91 HST.

Aksesi kacang tanah MLGA 0475 mampu berpolong pada umur 91 HST.

Untuk mendapatkan varietas kacang tanah tahan cekaman salinitas, diperlukan sumber gen tahan/toleran. Evaluasi sumber daya genetik (SDG) kacang tanah pada kondisi riil di lapangan untuk mendapatkan aksesi kacang tanah yang dapat beradaptasi terhadap kisaran salinitas yang beragam dari awal fase pertumbuhan hingga panen sangat penting untuk dilakukan. Perakitan varietas kacang tanah tahan salinitas dapat dilakukan, jika diperoleh sumber gen tahan.

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya produksi kacang tanah di lahan salin. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah menggunakan varietas tahan. Hingga tahun 2016, dari seluruh varietas kacang tanah yang telah dilepas belum ada yang dinyatakan tahan terhadap lahan salin. Masalah lain yang dihadapi dalam budi daya kacang tanah di lahan salin adalah besarnya variasi salinitas dalam satu hamparan.

Kegiatan evaluasi sumber daya genetik (SDG) kacang tanah dilakukan tahun 2017 di lahan sawah salin Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, dengan tujuan mengevaluasi ketahanan 400 aksesi kacang tanah koleksi plasma nutfah Balitkabi terhadap cekaman salinitas.

Respon pertumbuhan dan hasil aksesi kacang tanah terhadap cekaman salinitas di lapang menunjukkan keragaman yang sangat besar disebabkan oleh variasi tingkat salinitas antar plot dan antar blok. Salinitas menghambat perkecambahan dan menurunkan persentase tanaman tumbuh. Mortalitas aksesi kacang tanah akibat cekaman salinitas dimulai pada umur 45 HST dan semakin meningkat hingga panen. Satu aksesi yaitu MLGA 0629 diidentifikasi tidak mampu berkecambah pada tanah salin dengan DHL >6 m/S. Empat puluh delapan aksesi diidentifikasi dapat menghasilkan polong lebih baik (>1 kw/ha) pada tanah dengan kisaran DHL 6,68−15,53 dS/m dengan hasil polong tertinggi terdapat pada aksesi MLGA 0211 yaitu 4,16 kw/ha. Aksesi yang memiliki indikasi tahan terhadap salinitas adalah aksesi yang mampu mempertahankan hidupnya hingga panen dan mampu membentuk polong isi lebih banyak.

Gejala keracunan garam pada kacang tanah.

Gejala keracunan garam pada kacang tanah.

 

Keragaan kacang tanah umur 91 HST.

Keragaan kacang tanah umur 91 HST.

Hasil evaluasi SDG kacang tanah di lahan salin tersebut disampaikan oleh Herdina Pratiwi, S.P., M.P. pada seminar Intern Balitkabi tanggal 27 April 2018, dengan judul “Evaluasi Ketahanan Sumber Daya Genetik (SDG) Kacang Tanah terhadap Tanah Salin”.

WR