Berita » Merancang Pusat Eksibisi

Hakekat dirancangnya Pusat Eksibisi adalah menghilirkan produk-produk unggulan dari pusat-pusat unggulan iptek. Bertempat di Pusat Peragaan (PP) Iptek, TMII, dilakukan pertemuan untuk menyiapkan dan merancang Pusat Eksibisi, 21 April 2015, dihadiri oleh 9 PUI dan 3 PUI yang berada dalam tahap pembinaan. Muchlish Adie dari Pusat Riset Akabi hadir pada pertemuan tersebut.

Menurut Asisten Deputi Kompetensi Kelembagaan, Dr. Yohan MSi, Pusat Eksibisi pada tahun 2015 diikuti oleh 9 PUI dan 3 PUI yang rencananya akan ditetapkan pada tahun 2015. sehingga seluruhnya berjumlah 12 Pusat Eksibisi. Ditargetkan selama periode 2015–2019 akan ditetapkan sebanyak 30 PUI.

Direktur PP Iptek, Ari Hendarto, menyambut gembira diadakannya Pusat Eksibisi di PP Iptek, untuk melengkapi 2 PUI yang telah melakukan eksibisi sejak tahun 2014 yakni PPKS dan Puslit Koka. Pusat Eksibisi akan berada di lantai 3 di PP Iptek.

Diskusi penyiapan Pusat Eksibisi (atas) dan lokasi Pusat Eksibisi (bawah)

Diskusi penyiapan Pusat Eksibisi (atas) dan lokasi Pusat Eksibisi (bawah)

Pusat Eksibisi berperan sebagai pembelajaran kepada pengunjung (edukasi) dan juga sebagai ajang temu bisnis untuk hilirisasi produk PUI. Dengan demikian penyajian dalam Pusat Eksibisi sebaian bersifar interaktif. Bahkan setiap Pusat Eksibisi harus menyiapkan program Indonesian Science Fun sebagai bagian dari Indonesian Science Park.

Pada tahun 2015, Pusat Eksibisi akan dikelompokkan menjadi Pertanian (perkebunan, tanaman pangan, hortikultura), Biofarmaka, serta energi, pigmen material aktif, penyakit tropis. Balitkabi sebagai Pusat Riset Akabi diharuskan berpartisipasi pada Pusat Eksibisi. Program pada tahun 2015 akan dimulai Juni hingga Desember. Kesempatan emas untuk menghilirkan inovasi akabi.

MMA