Berita ยป MoU dan MoA antara Balitkabi dengan UMM

MoU dan MoA antara Prodi TP-FPP-UMM dengan Balitkabi

MoU dan MoA antara Prodi TP-FPP-UMM dengan Balitkabi

Balitkabi sebagai institusi nasional yang mengemban mandat melakukan penelitian dan pengembangan tanaman aneka kacang dan umbi (akabi), sangat mendukung penyelenggaraan Kurikulum Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi saat ini. Salah satu bentuk dukungan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Nota Kesepakatan (MoA) dengan Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dalam rangka memantapkan kerjasama tersebut, pada hari Kamis, 18 Februari 2021, Ibu Sri Winarsih, S.TP., M.P. selaku Ketua Prodi Teknologi Pangan FPP-UMM, didampingi oleh Desiana Nuriza Putri, S.TP., M.Sc., dan Hanif Alamudin Manshur, S.Gz., M.Si., berkunjung ke Balitkabi. Pada kesempatan ini, Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., menerima kunjungan tersebut didampingi oleh Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian (B.S. Koentjoro, SP, M. Kom.), Koordinator Program (Eriyanto Yusnawan, Ph.D.), dan dua orang peneliti, yaitu Joko Susilo Utomo, MP., Ph.D., dan Dr. Alfi Inayati, MP. Dalam sambutannya, Kepala Balitkabi kembali menegaskan bahwa Balitkabi sangat mendukung Program Kampus Merdeka, dan bersama segenap SDM dan fasilitas yang dimiliki siap bersinergi dengan UMM. Lebih lanjut, disampaikan bahwa sangat tepat apabila Balitkabi dijadikan tempat belajar bagi para mahasiswa, karena Balitkabi telah menghasilkan berbagai inovasi dan teknologi yang telah diakui masyarakat, salah satu contoh nyata adalah hampir 95% varietas kedelai yang dilepas oleh Balitbangtan dihasilkan oleh peneliti-peneliti dari Balitkabi. Selain itu, juga disampaikan bahwa Balitkabi telah menghasilkan beragam teknologi, baik teknologi budidaya maupun pasca panen tanaman akabi. Disampaikan pula, UMM bisa memanfaatkan keahlian para peneliti dari Balitkabi sebagai dosen tamu untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa tentang tanaman akabi dengan segala permasalahannya.

Ruang lingkup kegiatan yang dituangkan dalam Nota Kesepakatan ini antara lain: Balitkabi memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen Prodi TP-UMM untuk untuk melaksanakan penelitian bersama dan membuka fasilitas sarana dan prasarana yang dimilikinya, seperti laboratorium dan kebun percobaan untuk menunjang kegiatan bersama dosen dan mahasiswa TP-UMM. Disebutkan juga, Balitkabi akan berperan sebagai supervisor/mentor/coach pada kegiatan magang dan PKL serta menjadi pembimbing penelitian. Pada kesempatan ini juga dilakukan diskusi santai, berbagi pengalaman tentang suka duka membimbing mahasiswa dengan berbagai latar belakang dan masalah yang ada, dengan harapan dapat menjadi catatan bagi para dosen dan program studi untuk melakukan upaya-upaya perbaikan. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke fasilitas laboratorium dan UPBS Balitkabi.

AI

umm1 umm2 umm3
Pertemuan dan kunjungan ke Laboratorium Pangan dan UPBS Balitkabi.