Berita » Narasumber pada TOT Kedelai di Grobogan

Sebagai upaya mendukung program peningkatan produksi kedelai nasional, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Grobogan mengadakan Training of Trainer (TOT) pada 25–28 Mei 2015 di Aula Dispertan Purwodadi. Peserta TOT adalah petani, penyuluh swakarsa dan praktisi kedelai dan pengolahan hasil kedelai.

TOT dibuka secara ressmi oleh Kepala Dispertan, Ir. Edhie Sudaryanto MM, dan disampaikan bahwa dibandingkan padi, nampaknya kedelai harus berjuang lebih serius dan yang menyedihkan seakan-akan bergerak sendiri.

Grobogan sebagai penghasil kedelai kenyataannya juga harus mati-matian meningkatkan produksi kedelai, belum terlalu nampak peran yang lain, untuk membantu meningkatkan produksi kedelai di Grobogan. Dengan TOT ini diharapkan mampu memecahkan sebagian persoalan di atas.

Peneliti Balitkabi sebagai narasumber dan penyerahan publikasi Balitkabi

Peneliti Balitkabi sebagai narasumber dan penyerahan publikasi Balitkabi

Peneliti Balitkabi, Muchlish Adie, diundang menjadi pemateri pada kegiatan TOT. Materi yang disampaikan adalah pengenalan varietas, teknologi budidaya kedelai, pengendalian OPT utama, dan teknologi penangkaran benih kedelai.

Secara umum peserta TOT telah memiliki pengalaman dan pemahaman terhadap budidaya kedelai dalam porsi memadai. Karenanya diskusi lebih banyak ditujukan untuk mengupdate pengetahuan peserta, seperti konsep dan muatan deskripsi varietas, hama dan penyakit yang berpotensi merugikan pada akhir-akhir ini, upaya penyimpanan kedap udara hingga kepada persoalan nutrisi dan pemanfaatan kedelai.

Di sela-sela penyampaian materi oleh peneliti Balitkabi, disampaikan publikasi Balitkabi kepada seluruh peserta yang terdiri budidaya kedelai, deskripsi varietas kedelai, dan hama penyakit kedelai. Publikasi tersebut paling tidak dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun panduan TOT.

MMA/AW