Berita » Olahan Aneka Kacang dan Umbi di Jambi Ekspo 2012

jambi_expo_00

Diseminasi hasil penelitian agar dikenal dan segera dimanfaatkan masyarakat senantiasa diupayakan Balitkabi. Setelah sosialisasi aneka produk olahan dari ubikayu dan ubijalar di hadapan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Desa Pudak, Kec. Kumpe Ulu, Kab. Muaro Jambi, Rabu (8/2/2012), peneliti Pangan Balitkabi, Erliana Ginting M.Sc., Suprapto S.P., dan Lina Kusumawati S.Si., bersegera membimbing langsung 15 anggota KWT tersebut mengolah aneka produk olahan dari umbi-umbian untuk dipamerkan di Jambi Ekspo yang dibuka Presiden SBY, pada 9 Februari 2012.OLAHAN ANEKA KACANG DAN UBI DI JAMBI EKSPO 2012 Aneka produk yang dibuat adalah brownies kukus ubikayu, dari ubijalar yaitu onde-onde, kue mangkok, pukis, kukus zebra, dan mie talas/mbote serta susu kedelai varietas Detam-1. Produk KWT Melati Desa Pudak ini dikemas cantik, dilabeli, dipamerkan, dan dijual sebagai promosi pada acara Jambi Ekspo. Di samping produk yang dijual, juga disediakan produk untuk dicicipi pengunjung, dan disertai leaflet resep pengolahan dari Balitkabi. Pengunjung Jambi Ekspo 2012, termasuk siswa sekolah, antusias menanyakan dan mencicipi produk yang disajikan. Dalam waktu singkat, produk yang dijual laris dan habis, bahkan sebagian pengunjung protes karena tidak kebagian. Hal ini mengindikasikan bahwa produk olahan kabi layak untuk dikembangkan sebagai usaha karena penampilan dan citarasanya tidak kalah dengan produk olahan terigu. Di samping itu, dengan diolah menjadi produk pangan bergengsi dan berkualitas, umbi-umbian yang umumnya berkonotasi rendahan dan harga umbi segarnya jatuh saat panen raya, dapat diselamatkan nilainya, dan memberi manfaat ekonomis bagi petani dan kegiatan ekonomi lokal. Oleh karena itu, intensifikasi sosialisasi dan pendampingan pengolahan bahan pangan lokal seperti ini untuk daerah lainnya di Prov Jambi akan dilanjutkan oleh Tim Pascapanen BPTP Jambi.


Foto 1. Ketua TP PKK (kiri) mengawal langsung bimbingan Balitkabi (kanan) kepada peserta praktik pengolahan kabi  untuk dipamerkan dan dijual pada kegiatan Jambi Ekspo 2012.


Foto 2. Gerai produk olahan kabi dan antusias pengunjung pada kegiatan Jambi Ekspo tanggal 9 Februari 2012 di stand BPTP Jambi