Berita ยป Panduan Roguing Tanaman dan Pemeriksaan Benih Kedelai

Dalam Panca Usahatani, benih/varietas unggul merupakan salah satu komponen kunci sukses produksi usahatani, khususnya tanaman pangan. Benih bermutu adalah benih yang mempunyai tingkat kemurnian tinggi (seragam), sehat, dan mampu berkecambah dengan baik pada kondisi normal. Benih bermutu hanya dapat dihasilkan dari budidaya benih yang diawasi secara tepat dan sistematis mengikuti tata cara produksi benih yang benar. Untuk mendapatkan benih bermutu tinggi, diperlukan pengetahuan tentang bagaimana menyeleksi pertanaman untuk benih sejak di lahan, saat prosesing, dan dalam penyimpanan. Untuk memproduksi benih bermutu diperlukan penguasaan ilmu tentang perbenihan. Salahsatunya adalah ilmu pengenalan sifat/karakter varietas. Untuk membantu meningkatkan kualitas benih kedelai, Badan litbang Pertanian lewat Balitkabi menerbitkan buku “Panduan Roguing Tanaman dan Pemeriksaan Benih Kedelai”.

Buku ini antara lain mengupas sifat/karakter yang digunakan untuk membedakan tipe simpang dengan tipe normal, bagaimana cara mengamatinya, pada umur berapa diamati, dan langkah solusinya jika terdapat tipe simpang. Dengan visualisasi foto-foto full colour tentang hipokotil, epikotil, bentuk daun pertama, bentuk daun, warna bulu, warna bunga, warna polong, warna biji, bentuk dan warna hilum dari 29 varietas unggul nasional, buku ini sangat membantu bagi para pihak yang berkecimpung dalam perbenihan.

Buku ini mungkin yang pertama dan satu-satunya buku pedoman rouging pada tanaman kedelai. Karena ditulis dan diterbitkan oleh para pemulia kedelai, buku ini menjadi sangat penting untuk dipedomani.

AW