Berita » Panen Raya Kedelai di Mojokerto

Diskusi dengan petani kedelai.

Diskusi dengan petani kedelai.

Harus percaya, bahwa Provinsi Jawa Timur menjadi lumbung pangan terbesar di Indonesia, termasuk untuk komoditas kedelai. Sebagian besar kedelai di Jawa Timur dibudidayakan pada musim tanam Juli/Agustus hingga Oktober/November. Berarti saat ini merupakan panen raya kedelai, termasuk yang terjadi di Mojokerto.

Keragaan kedelai yang ada di Bangsal dan Mojoanyar cukup bagus. Memang cara budidayanya sebagian besar dilakukan dengan cara tanam sebar, dengan menggunakan benih asal pasar. Penuturan petani (Pak Keman), polong kedelai yang mentes (berpolong penuh, bernas) biasanya disemprot dengan fungisida, yang juga ternyata membuat polong kedelai menjadi bernas. Observasi lapang, 2 November 2018, rata-rata polong dari kedelai selain berukuran besar juga memang bernas. Petani menjemur brangkasan kedelai di lahan, tanpa menggunakan alas. Pembijian menggunakan threser dengan biaya setiap 1 sak (sekitar 50 kg) biji kedelai dikenakan Rp40.000. Brangkasan kulit polong digunakan sebagai pakan ternak. Penuturan petani lain, pakan asal brangkasan polong kedelai digunakan untuk pakan ternak pada awal musim penghujan.

Pak Keman menanam varietas lokal 41. Panen dilakukan tanggal 2 November 2018. Diperkirakan hasil yang diperoleh sekitar 450 kg untuk 1 bagian, setara dengan 2,70 t/ha. Tahun kemarin memperoleh hasil hingga 3,5 t/ha, orang-orang tidak percaya, tetapi pembeli kedelai yang percaya karena mereka yang menimbang hasil kedelai, sambungnya.

Petani antusias menanam kedelai. Mengharapkan petani dapat menggunakan varietas unggul yang jelas varietasnya, tidak seperti sekarang, menggunakan varietas asalan. Varietas berbiji besar dan berumur genjah menjadi idola petani, tetapi di mana memperoleh benihnya. Dipesankan oleh pemulia kedelai, varietas unggul Derap 1 yang sudah dipercontohkan di Mojoanyar, dapat digunakan sebagai sumber benih. Derap 1, bijinya besar dan tahan hama kepik coklat.

Panen raya kedelai di Mojoanyar Mojokerto.

Panen raya kedelai di Mojoanyar Mojokerto.

Ayk