Berita » Partisipasi Balitkabi dalam “Second Meeting of Asian Cassava Breeders Network”

Dr. Kartika menyampaikan “Update: breeding dan varietal selection at ILETRI”.

Dr. Kartika menyampaikan “Update: breeding dan varietal selection at ILETRI”.

Asian Cassava Breeders Network (ACB-Net) didirikan pada bulan Oktober 2015 di Hanoi, Vietnam. ACB-Net adalah “open network” yang bertujuan untuk menstimulasi pertukaran plasmanutfah, pengembangan kapasitas peneliti, pengembangan prosedur standar dan tindakan kolektif di antara berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam perbaikan tanaman ubikayu dari tujuh negara anggota. Rencana kerja ACB-net pada tahun 2016, sejalan dengan permintaan anggotanya, yaitu memprioritaskan pengembangan kapasitas anggotanya.

Pada 25–26 November 2016, diselenggarakan “Second Meeting of Asian Cassava Breeders Network”, di Haikou, Provinsi Hainan, China, setelah acara “China-Colombia Regional Southeast Asian Cassava Breeders Training”. Pertemuan ini bertujuan untuk: (1) mereview keberadaan ACB-Net di tahun pertama dan menstimulasi kerjasama penelitian tanaman ubikayu di kawasan Asia, (2) berbagi kemajuan dan prioritas antara program pemuliaan dan seleksi varietas yang berbeda, dan (3) merencanakan kegiatan kerjasama di tahun 2017 dalam hal pertukaran plasmanutfah, pengembangan kapasitas peneliti, metode pemuliaan dan atau penyebaran varietas.

Dalam perkembangannya, anggota ACB-Net berjumlah 10 negara dan pada pertemuan kedua bertambah dua anggota baru yaitu Myanmar dan Sri Langka. Pertemuan ACB-Net kedua dihadiri oleh 41 peserta dari 12 negara.

Sebanyak 18 peserta dari masing-masing perwakilan institusi menyampaikan mengenai perkembangan penelitian ubikayu. Pada kesempatan tersebut, Dr. Kartika Noerwijati dari Balitkabi menyampaikan “Update: breeding and varietal selection at Indonesian Legumes and Tuber Crops Research Institute, Indonesia”.

Foto bersama peserta “Second Meeting ACB-Net”.

Foto bersama peserta “Second Meeting ACB-Net”.

KN