Berita » Partisipasi Balitkabi pada Agro Inovasi 2016

Agro Inovasi Fair merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Kementerian Pertanian dalam rangka mempromosikan inovasi terbaik dari lingkup Kementerian Pertanian kepada masyarakat dan pengguna, sekaligus membuka interaksi bisnis yang efektif bagi pengembangan produk-produk pangan dan teknologi pangan unggulan dari para peneliti dan perekayasa Kementerian Pertanian.

Agro Inovasi Fair 2016 di gelar di Centre Atrium Mall Taman Anggrek Jakarta pada tanggal 27‒31 Juli 2016 mengambil tema Growing Own Food, yang dimaksudkan untuk mengajak semua pemangku kepentingan dan masyarakat berperan aktif dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Selain hasil-hasil inovasi dari Kementerian Pertanian sendiri, kegiatan ini juga melibatkan pelaku usaha, mitra kerja sama lisensi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, UMKM binaan Balitbangtan, serta kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Salah satu stand favorit pengunjung pameran ini adalah stand dari BPTP DKI Jakarta yang menampilkan konsep pertanian perkotaan (urban farming), dimana vertikultur, vertiminaponik, wolkaponik dan hidroponik adalah inovasi yang sangat mudah untuk diterapkan oleh keluarga yang memiliki halaman rumah yang relatif sempit atau bahkan tidak lagi memiliki tanah lagi di halaman rumahnya.

Stand Agrimart dari Badan Litbang Pertanian juga tidak kalah ramai dikunjungi oleh para pengunjung pameran. Disana para pengunjung dapat membeli beraneka macam produk inovasi, olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar produk pertanian.

Balitkabi sebagai salah satu instansi di bawah Badan Litbang Pertanian turut berpartisipasi pada Agro Inovasi Fair 2016 ini dengan menampilkan jus ubijalar yang merupakan salah satu produk minuman inovasi yang cukup menarik perhatian pengunjung, serta produk es krim ubijalar dan tiwul instan yang dijual pada stand Agrimart.

Produk es krim ubijalar cukup digemari tidak hanya oleh anak-anak saja namun juga oleh remaja dan orang tua.

Stand Agrimart dari Badan Litbang Pertanian pada Agro Inovasi Fair 2016.

Stand Agrimart dari Badan Litbang Pertanian pada Agro Inovasi Fair 2016.

RY