Berita » Partisipasi Balitkabi pada GPA 8 2018 Soropadan

1Mewakili Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah mengundang Balitkabi untuk berpartisipasi pada Pameran “Gelar Promosi Agribisnis ke-8 Soropadan 2018 (GPA 8 2018)” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan merupakan agenda rutin Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut berlangsung di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Agro Center Soropadan Temanggung Jawa Tengah pada tanggal 26–30 Juli 2018.

Bertemakan “Modernisasi Pertanian Jateng Menuju Kedaulatan Pangan”, acara ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dilanjutkan dengan berkeliling mengunjungi stand dari berbagai institusi lingkup Pemprov Jateng, berbagai perusahaan yang bergerak dalam industri pertanian dan agrobisnis, panen kedelai Varietas Grobogan, dan terakhir, mengunjungi stand Balitbangtan yang dipandu oleh Kepala BPTP Jateng Dr. Harwanto, mengunjungi stand Balitbangtan. Gubernur Jateng sangat antusias dengan berbagai inovasi teknologi Balitbangtan. Beliau memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap program perbenihan dari Kementan melalui Balitbangtan, yang menjadi peluang dalam pengembangan agribisnis dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Jateng.

gpa

Selain Balitkabi dan BPTP Jawa Tengah, empat UPT lain lingkup Balitbangtan juga ikut berpartisipasi, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), BPTP Daerah Istimewa Yogyakarta, Balai Besar Pasca Panen (BB Pasca Panen), dan Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapo). Pada kesempatan tersebut, Balitkabi memamerkan produk inovasi hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi berupa benih varietas unggul kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan produk olahan dari aneka umbi. Produk olahan aneka umbi yang dipamerkan antara lain: eskrim ubijalar ungu, sweet potato chocochips, lidah kucing ubi jalar oranye, dan sweet potato stick, serta bermacam-macam publikasi dalam bentuk leaflet dan booklet inovasi teknologi.

gpa1

YFT/KN