Berita » Partisipasi Balitkabi pada Pelatihan Budidaya Ubijalar dan Produk Olahannya di Kabupaten Paser – Kaltim

Dalam rangka menggali potensi dan mendukung pengembangan tanaman umbi-umbian khususnya ubijalar dan ubikayu, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan acara “Pelatihan Budidaya Ubijalar dan Produk Olahannya”.

Kegiatan berlangsung pada tanggal 27−28 Juli 2016, bertempat di Gedung Kantor BKPP – Tanah Grogot (Tana Paser), Kab. Paser, diikuti oleh sekitar 30 orang tenaga penyuluh pertanian yang bertugas di seluruh kecamatan Kabupaten Paser.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Ir. H. I Wayan Poyen yang mewakili Kepala BKPP. Dalam sambutannya disampaikan bahwa potensi umbi-umbian, khususnya ubijalar dan ubikayu sudah waktunya mendapatkan perhatian yang lebih intensif.

Pemberdayaan kedua komoditas tersebut, berpeluang untuk meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan gizi keluarga melalui penguasaan ketrampilan masyarakat dalam mengolah umbi-umbian menjadi aneka produk yang lebih bervariasi dan bergengsi tinggi.

Untuk mewujudkan keinginan yang kuat tersebut, BKPP sudah merencanakan dan menganggarkan dana pelatihan bagi stafnya untuk belajar teknik mengolah umbi-umbian di Balitkabi pada tahun 2017.

Selama pelatihan, materi tentang teknologi budidaya ubijalar, varietas dan produk olahan ubikayu disampaikan oleh Tinuk Sri Wahyuni, S.P., M.P. sedangkan topik yang sama untuk komoditas ubikayu disampaikan oleh Dr. Ir. Sholihin, M.Sc.

Di samping materi utama, juga disampaikan sekilas tentang proses pemuliaan tanaman ubijalar dan pemutaran video yang memvisualisasikan kemajuan teknologi budidaya ubikayu di Brasil dan teknik pengendalian hama kutu putih (mealybug) di Thailand. Pemutaran video tersebut diharapkan dapat membakar semangat peserta untuk menggali potensi dan mengembangkan tanaman ubikayu.

Antusias peserta cukup tinggi dari gencarnya pertanyaan seputar varietas ubikayu dan ubijalar yang cocok untuk dikembangkan di wilayah masing-masing, teknologi budidayanya dan prospek pemasaran produknya.

Dr. Ir. Sholihin, MSc. sedang menyampaikan materi pelatihan (kiri) dan foto bersama Kepala Bidang Penyuluhan, Ir. H. I Wayan Poyen (kanan).

Dr. Ir. Sholihin, MSc. sedang menyampaikan materi pelatihan (kiri) dan foto bersama Kepala Bidang Penyuluhan, Ir. H. I Wayan Poyen (kanan).

TSW/SHOL