Berita » Partisipasi Balitkabi Pada Workshop Revitalisasi Akreditasi Pranata Litbang

knappp1Penerapan sistim akreditasi pranata Litbang yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) merupakan salah satu cara penjaminan mutu lembaga Litbang. Balitkabi telah mendapatkan sertifikat akreditasi KNAPPP sejak tahun 2017. Pada tanggal 27–28 September 2018, bertempat di Hotel Mercure Serpong diadakan workshop “Konsep Revitalisasi Akreditasi Pranata Litbang”. Didepan 61 pranata litbang se-Indonesia yang telah memperoleh sertifikat KNAPPP, Ketua DRN 2015-2018 (Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU) dan Direktur Lembaga Litbang Kemenristek Dikti (Ir. Kemal Prihatman, M.Eng.) menyampaikan “Mengapa Diperlukan Revitalisasi KNAPPP?”

Revitalisasi KNAPPP diperlukan searah dengan cita-cita menjadikan lembaga yang terbaik, unggul, bermutu untuk meningkatkan kualitas lembaga menuju peningkatan inovasi yang berujung kepada daya saing. Pada revitalisasi point penting yang harus dicermati, antara lain: (1) Mau kemana: cermati kondisi global saat ini, apakah pendekatan yang digunakan sudah sesuai atau tidak, (2) Ingat tagline, The World Is Flat, nantinya pendekatan secara vertikal seluruhnya dijadikan horisontal pada konteks antar lembaga, (3) Dikerucutkan menjadi branding, positioning dan empowering. How to sell, where we are and internal strengthening.

knappp

Sebagai Ketua DRN, Pak Bambang mengingatkan bahwa workshop ini adalah ajang untuk menggali ide-ide cemerlang. Ada sesuatu yang harus dibangkitkan, dipikirkan untuk kemudian disumbangkan kepada Sekretariat KNAPP. Dengan dasar hukum Pasal 31 Ayat 5 UUD 1945 yang MEMAJUKAN Iptek, Peradaban dan Kesejahteraan diruncingkan menjadi DAYA SAING tertuang di Nawacita ke-6. Tegas disampaikan oleh Ketua DRN bahwa INOVASI ADALAH HASIL KALI INVENSI DENGAN KOMERSIALISASI.

Invensi-invensi inilah yang sumbernya adalah pranata litbang.

YB