Berita » Partisipasi Dharma Wanita Balitkabi dalam Tarhib Ramadhan Balitbangtan

Sambutan oleh Ibu Hj. Martati Amran Sulaeman.

Sambutan oleh Ibu Hj. Martati Amran Sulaeman.

Bertempat di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta pada tanggal 7−9 Mei 2018 dilaksanakan Tarhib Ramadhan yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitbangtan bekerjasama dengan KORPRI Balitbangtan. Tarhib Ramadhan yang mengusung tema “Bersihkan Hati, Kuatkan Ukhuwah dan Tingkatkan Kepedulian Bagi Sesama” dihadiri oleh Ibu Hj. Martati Amran Sulaeman, Ibu Gatot Irianto, Ibu Luluk Syakir, Ibu Yani Prama Yufdy, pengurus DWP Balitbangtan, pengurus DWP eselon 2 dan 3.

Mengawali acara, ketua panitia Tarhib (Ibu Lydia Risfaheri) mengatakan bahwa acara Tarhib Ramadhan diadakan untuk mengingatkan akan datangnya bulan suci Ramadhan, memperkuat ukhuwah, dan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Rangkaian acara Tarhib yang dimulai sejak hari senin meliputi: ceramah, sosialisasi tata surat dan tata administrasi keuangan, teknik merapikan rumah ala Jepang, berbagai aneka lomba (pildacil, merangkai bunga dari halaman, pangan lokal non beras, lagu islami, memakai hijab tanpa cermin, memasak nasi goreng, dan lain-lain), stand bazar, pasar daging, dan pasar sembako murah. Selain itu, diadakan juga berbagai bimtek (bimbingan teknologi) dan agroeduwisata bekerjasama dengan Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP).

Ibu Hj. Martati Amran Sulaeman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara Tarhib ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada karyawan dan masyarakat sekitar. Untuk membangkitkan semangat menyambut bulan suci Ramadhan juga diadakan lomba-lomba bernuansa islami. Pada kesempatan tersebut, Ibu Amran juga membagikan paket sembako secara simbolis kepada tenaga kontrak, dan pegawai Golongan I di lingkup Balitbangtan.

Pameran tenant teknologi Balitbangtan, bimtek, dan agroeduwisata merupakan nilai plus pada kegiatan Tarhib kali ini. Tenant inkubator teknologi Balitkabi (Ibu Detin Khoerotin) asal Ciamis juga turut memeriahkan tarhib ramadhan dengan memproduksi es krim ubi jalar ungu dan jus ubi jalar. Peneliti Balitkabi yaitu Ir. Erliana Ginting, M.Sc. berkesempatan menjadi narasumber pada bimtek pembuatan es krim ubi jalar ungu. Bimtek diikuti oleh sekitar 80 orang peserta yang terdiri dari pelaku usaha olahan makanan, penyuluh, dosen/guru SMK, mahasiswa, organisasi pemberdayaan wanita, dan ibu rumah tangga yg sangat antusias mengikuti bimtek tersebut. Selain itu, Dharma Wanita Balitkabi juga berpartisipasi mengikuti stand bazar dengan menjual produk olahan Laboratorium Pangan (tiwul instant), produk inkubator bisnis Balitkabi (cake tape ubi kayu), dan asesoris hasil kreasi anggota Dharma Wanita.

Bimtek pembuatan es krim ubi jalar ungu (kiri) dan Tenant inkubator teknologi Balitkabi (Ibu Detin Khoerotin) (kanan).

Bimtek pembuatan es krim ubi jalar ungu (kiri) dan Tenant inkubator teknologi Balitkabi (Ibu Detin Khoerotin) (kanan).

Stand bazar Puslitbang Tanaman.

Stand bazar Puslitbang Tanaman.

RTH/EG