Berita » Partisipasi Inventor Balitkabi pada Agro Inovasi Fair on the spot 2018

fairBadan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) kembali menyelenggarakan Agro Inovasi Fair on the spot 2018 pada tanggal 8–13 Agustus 2018 yang bertempat di BPATP. Agro Inovasi Fair on the spot 2018 ini memiliki beberapa agenda kegiatan, yaitu: (1) Ekspo Teknologi, (2) Klinik Agribisnis, (3) Bazar Produk Pangan dan Pertanian, (4) Benih Gratis untuk Masyarakat, (5) Temu Bisnis Invensi, (6) Bimbingan Teknis, (7) Talkshow, dan (8) Peresmian “Wahana Promosi Invensi Balitbangtan Bernilai Komersial.

Pada Agro Inovasi Fair on the spot 2018 ini, Balitkabi berkesempatan untuk mengisi acara pada agenda Kegiatan Temu Bisnis dan Bimbingan Teknis. Salah satu Temu Bisnis yang diisi oleh Balitkabi adalah “Temu Bisnis Invensi Olahan Bahan Pangan Lokal” pada tanggal 9 Agustus 2018. Kegiatan Temu Bisnis ini mempertemukan inventor dengan investor, sehingga invensi Balitbangtan dapat diterapkan pada skala industri untuk diproduksi secara massal, terjamin kualitasnya, dan menjangkau pengguna yang lebih luas.

Inventor dari Balitkabi yaitu Rahmi Yulifianti, S.TP. diundang sebagai narasumber untuk invensi Mie Ubi Jalar dan Tiwul Instan pada kesempatan Temu Bisnis ini. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbang Tanaman Pangan) Dr. Agus W. Anggara untuk membuka sekaligus mendampingi diskusi.

fair1

Agenda kegiatan Agro Inovasi Fair on the spot 2018 lain yang diisi oleh Balitkabi adalah “Bimbingan Teknis Olahan Aneka Umbi” pada tanggal 10 Agustus 2018. Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh 37 orang peserta. Olahan aneka umbi yang dipraktikkan diantaranya: Kue Mangkok Ubi Jalar Oranye, Brownies Kukus Ubi Kayu, Onde-onde Ubi Jalar Ungu, Mie Talas Bogor, dan Sweet Potato Stick.

fair2

YFT