Berita » Partisipasi Peneliti Balitbangtan pada Seminar Nasional Biodiversitas

Peneliti Balitbangtan dari berbagai UPT seperti BPTP Bengkulu, Balittra, BPTP Kalsel, BPTP Kaltim, BPTP Jabar, BPTP Banten, BPTP Jateng, BPTP Sulawesi Tengah, dan Balitkabi turut berpartisipasi pada Seminar Nasional Biodiversitas dengan tema “Manajemen Biodiversitas dalam Melindungi, Mempertahankan dan Memperkaya Sumber Daya Genetik dan Pemanfaatannya” yang diselenggarakan oleh Masyarakat Biodiversitas Indonesia (MBI) pada tanggal 21 Maret 2015, bertempat di Gedung University Club Kampus Universitas Gajah Mada.

Dr. Moch. Muchlis Adie, Ayda Krisnawati, MSc., Ratri Tri Hapsari, SP, MSi., Marida Santi YIB, SP., dan Wiwit Rahajeng, SP merupakan peneliti Balitkabi yang mempresentasikan makalah bertema biodiversitas. Seminar ini diharapkan dapat menjadi ajang interaksi para akademisi, peneliti, mahasiswa, konsultan, dan pembuat kebijakan untuk mendiskusikan upaya-upaya melindungi, mempertahankan, dan bahkan memperkaya keanekaragaman hayati dalam situasi kerusakan alam dan pembangunan industri yang berlangsung cepat.

Para peserta seminar diharapkan dapat bertukar ide-ide baru dan informasi penelitian baru di bidang keanekaragaman hayati sehingga pemanfaatannya dapat dilakukan secara berkelanjutan.Seminar Nasional ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai instansi perguruan tinggi, LIPI, Badan Informasi Geospasial, Badan Litbang Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Makalah yang disampaikan peneliti Balitkabi meliputi :

  1. Seleksi populasi F5 kedelai berdasarkan karakter agronomis
  2. Keragaman dan pengelompokan galur harapan kedelai di Sleman Yogyakarta
  3. Keragaman plasma nutfah kacang hijau dan potensinya untuk program pemuliaan kacang hijau
  4. Tingkat serangan berbagai hama polong pada plasma nutfah kedelai, dan
  5. Pendugaan keragaman karakter morfologi 50 aksesi plasma nutfah ubijalar

Lima pembicara utama dalam seminar ini adalah :

  • Prof. Dr. M. Arief Soendjoto, M.Sc menyampaikan makalah dengan judul “Mengevaluasi Manajemen Pelestarian Bekantan (Nasalis larvatus)”
  • Prof. Dr. Suwarno Hadi Susanto menyampaikan makalah yang berjudul Biodiversitas “Perlindungan dan Pemanfaatan”.
  • Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si menyampaikan makalah tetang “Belajar dari Tradisi Wiwit untuk Pengembangan Sistem Agro-Biokonservasi”.
  • Dr. Budi S. Daryono menyampaikan makalah yang berjudul “Biodiversitas Agrikultur sebuah upaya konservasi berkelanjutan” , dan
  • Dr. AYPBC Widyatmoko Dr. AYPBC Widyatmoko menyampaikan tentang “Keragaman Genetik Anakan Shorea smithiana pada Plot STREK, Kalimantan Timur berdasarkan Penanda SSR”.
Suasana Seminar Nasional Biodiversitas “Manajemen Biodiversitas dalam Melindungi, Mempertahankan dan Memperkaya Sumber Daya Genetik dan Pemanfaatannya”

Suasana Seminar Nasional Biodiversitas “Manajemen Biodiversitas dalam Melindungi, Mempertahankan dan Memperkaya Sumber Daya Genetik dan Pemanfaatannya”

Wiwit R/Ratri/KN