Berita » Partisipasi Peneliti Balitkabi pada IFABL 2018 di Sydney, Australia

sydney

peserta dari Indonesia, Filipina dan Polandia

International Bussiness Academics Consortium yang berkedudukan di Taipei, Taiwan rutin melaksanakan kegiatan International Forum on Agriculture, Biology, and Life Science (IFABL) yang tahun 2017 lalu dilaksanakan di Kyoto, Jepang. Tahun ini, kota Sydney, Australia yang terkenal dengan Opera House-nya dipilih menjadi tempat penyelenggaraan IFABL yang dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 19 Desember 2018. Menurut Prof. Chunghucy Huang dari National Taipei University, Taiwan sebagai Ketua Penyelenggara, kegiatan ini diikuti oleh sembilan negara dan sebanyak 36 makalah diterima untuk dipresentasikan baik dalam bentuk oral maupun poster. “Global climate change is a criticl challenge, particularly the impact to food production, therefore researches on agriculture, biology and life science have played a more significant role to benefit human beings and biodiversity,” tutur Huang dalam sambutan pembukaannya. Kegiatan ini juga diharapkan bisa membangun networking antar peserta dari berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan pertanian, biologi, dan life science.

sideny-1

Peneliti Balitkabi Ir. Erliana Ginting, M.Sc. menyampaikan paparannya.

Pada kesempatan ini, peneliti Balitkabi Ir. Erliana Ginting, M.Sc. menyampaikan makalah yang berjudul “Suitability of orange-fleshed sweet potato genotypes for ingredients of selected food products” (penulis: Joko Susilo Utomo, Erliana Ginting, dan Rahmi Yulifianti). Apresiasi peserta cukup baik, termasuk dalam diskusi mengenai kontribusi penelitian ini dalam meningkatkan pertanian di Indonesia seperti yang ditanyakan oleh peserta dari Filipina. Pemakalah lainnya dari Indonesia adalah Dr. Muhammad Akil dari Balitsereal (Influence of planting pattern and plant density on grain yield of hybrid maize under field condition in South Sulawesi) dan Dr. Rahima Kaliky dari BPTP Yogyakarta (Farmer adoption to trap barrier system technology for integrated rats control model in Yogyakarta, Indonesia).

sideny-2

eserta IFABL 2018 di Sydney, Australia

Bersamaan dengan kegiatan IFABL, juga diselenggarakan International Forum on Education, Psychology, and Learning; Banking, Economics, Finance, and Bussiness; Information and Social Science; and Hospitality, Leisure, Sports and Tourism sehingga total ada sekitar 25 negara peserta yang hadir, termasuk dari Asia, Australia, Eropa, dan Afrika.

Profesor Helen Hu dari University of Melbourne sebagai keynote speaker menyampaikan paparannya mengenai “Revisiting Governance in Sport Industry” yang menekankan pentingnya corporate governance and etika dalam pengelolaan industri sport, baik di Australia maupun di negara-negara lain di dunia. Bergabung dengan berbagai pemakalah dari berbagai negara dan bidang ilmu sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta membangun relasi dengan para peserta yang berasal dari akademisi, peneliti, konsultan, mahasiswa, dan perusahaan swasta. Kegiatan IFABL berikutnya tahun 2019 akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Ir. Erliana Ginting, M.Sc. menerima sertifikat dari moderator Dr. Shann C.S. Turnbull.

Ir. Erliana Ginting, M.Sc. menerima sertifikat dari moderator Dr. Shann C.S. Turnbull.

EG