Berita ยป Pejabat Baru: Segera Bekerja dan Raih Prestasi

Pelantikan jajaran pejabat Eselon 3A, 3b, dan 4A

Badan Litbang Pertanian sebagai lembaga penghasil dan pengembang inovasi pertanian terdepan, menempatkan sumber daya manusia sebagai salah satu motor penggerak pencapaian visi tersebut. Pada 5 Maret 2013 bertempat di Kantor Pusat Badan Litbang Pertanian dilakukan pelantikan jajaran pejabat Eselon 3A, 3b, dan 4A, termasuk dua pejabat Eselon 4A dari Balitkabi yaitu Ir. Wisnu Unjoyo sebagai Kasubag Tata Usaha menggantikan Ir. Sutrisno MP yang telah memasuki purna tugas dan Dr. Yusmani Prayogo sebagai Kasi Pelayanan Teknik, menggantikan Dr. Joko Susilo Utomo yang dipromosikan sebagai Kepala BPTP Lampung. SedangkanLanggeng Sutrisno, SP, staf Balitkabi kini beralih tugas menjadiKepala Subbagian Tata Usaha, Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropik (Balitjestro).Mengawali arahannya, Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Haryono M.Sc, menyampaikan bahwa mutasi maupun promosi merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi untuk mencapai performa kinerja yang semakin optimal. Konsep pembinaan karier di Badan Litbang Pertanian mengikuti konsep Dual Track System, yaitu memberikan kelenturan kepada jajarannya untuk meningkakan kapasitas dan pengalaman berorganisasi.
Pelantikan jajaran pejabat Eselon 3A, 3b, dan 4A

Pejabat baru diminta untuk mengetahui enam isu penting serta tujuh komponen manajemen. Food, feed, fiber, fuel, environment, dan climate change, perlu dipahami dan diaplikasikan. Demikian juga terhadap komponen manajemen yang terdiri dari program, SDM, sarpras, keuangan, waktu, mindset, dan manajemen konflik. Tekanan ini dipesankan kepada pejabat baru, khususnya terhadap kemampuannya dalam melakukan manajemen konflik. Sehubungan dengan manajemen konflik, Dr. Haryono M.Sc, mengingatkan kembali tentang Teori Adaptasi yang terdiri dari Forming, Storming, Norming dan Performing. Pejabat baru yang baru memasuki ranah baru berpeluang akan mengalami penolakan dalam proses uji kemampuan. Situasi demikian merupakan hal yang wajar. Pejabat baru harus mampu mendeteksi dan mengendalikannya. Pelantikan Pejabat Eselon 3 dan 4, selain dihadiri oleh Kepala Pusat dan Kepala Balai Besar, dan UPT lingkup Badan Litbang Pertanian termasuk Kepala Balitkabi, juga dihadiri oleh Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi serta Inspektur II Inspektorat Jendral dari Kementerian Pertanian.

Tahun 2013 merupakan tahun akselerasi untuk mengoptimalkan kinerja memasuki kurva II Badan Litbang Pertanian. Tahun 2013 juga harus dijadikan momentum bersyukur karena diterimanya tunjangan kinerja dan naiknya tunjangan fungsional peneliti. Dalam mensyukuri nikmat, yang paling tepat adalah dengan meningkatkan kinerja.

Selamat mengemban amanah Pak Wisnu, Pak Yusmani, dan Pak Langgeng. Semoga kesuksesan selalu menyertai.