Berita ยป Pelantikan Pejabat Fungsional Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan-Kementan

Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Fungsioanl Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan, 20 September 2019

Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Fungsioanl Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan, 20 September 2019

Sumber daya manusia tetap menjadi faktor utama pendukung kinerja Kementerian Pertanian apalagi memasuki era revolusi industri 4.0 sesuai yang dicanangkan pemerintah. Setiap ASN yang mempunyai jabatan fungsional harus mampu meningkatkan kompetensi sesuai bidang keahliannya sehingga dapat mengikuti arus perubahan dan tuntutan kinerja yang semakin tinggi. Salah satu wujud pengakuan kompetensi di bidang SDM adalah dengan melantik pejabat fungsional tersebut ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 bahwa setiap ASN yang diangkat dalam jabatan harus dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada Jumat 20 September 2019 pukul 10.00 WIB. bertempat di Kantor Pusat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) digelar acara pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional. Pejabat fungsional yang dilantik berjumlah 32 terdiri dari peneliti ahli madya, peneliti ahli muda dan peneliti ahli pertama serta pejabat fungsional penyuluh. Satu peneliti Balitkabi Dr. Runik Dyah Purwaningrahayu, S.P., M.P. ikut dilantik sebagai Pejabat Fungsional Ahli Peneliti Madya. Pejabat fungsional peneliti dan penyuluh yang dilantik berasal dari Balitkabi, Balitsereal, Puslibanghorti, Balit Palma, Balitnak, Lolit Kambing, BB Pascapanen, Balittra, Balitklimat, Balingtan, BB Pengkajian, BPTP (Sumbar, Sumsel, Jambi, Bali, Sulut, Kalteng, Kalbar, Kalsel, Papua, Banten, Gorontalo, Sulbar, dan Maluku).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc dilanjutkan pembacaan pakta integritas dan penandatangan berita acara pelantikan.

Pelantikan Pejabat Fungsional Peneliti dan Penyuluh Balitbangtan oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc.

Pembacaan Pakta Integritas di hadapan Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc.

Pembacaan Pakta Integritas di hadapan Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc.

Penandatangan berita acara oleh Sekretaris Balibangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc

Penandatangan berita acara oleh Sekretaris Balibangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc. dilanjutkan pembacaan pakta integritas dan penandatangan berita acara pelantikan.

Menarik menyimak pesan Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Prama Yufdy, MSc. pada sambutannya menyampaikan bahwa setiap pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah serta berjanji di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Pelantikan ini adalah juga sumpah pernyataan diri untuk dilaksanakan. Itu adalah amanah oleh pimpinan, bukan hak kita. Oleh karena itu, mari dilaksanakan semua tugas sebaik-baiknya. Core bisnis Balitbangtan adalah penelitian.

Dituntut terutama oleh diri sendiri untuk bekerja sesuai tugas yang diberikan. Di dalam penelitian dan pengembangan terdapat penyuluh dan perekayasa selain peneliti, pesannya kuat itulah cerminan bahwa kita harus bekerja sama, sebagai wakil-wakil litbang di tempat kerjanya. Selalu mengikuti informasi program kerja Kementan dan Balitbangtan yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Kepala Balitbangtan Dr. Fadry Djufry pada keputusannya akan mendukung program strategis Kementan, ide-ide peneliti ditampung sebanyak 30 persen. Peneliti/penyuluh yang dilantik diberi kepercayaan dan amanah. Berharap, yang akan membesarkan Litbang adalah kita bersama bukan sendiri-sendiri karena ini cerminan sebagai lembaga litbang terbesar di Indonesia.

 

YB/RDP