Berita » Pelatihan Internalisasi Nilai-nilai Manajemen Korporasi Badan Litbang Pertanian

internal1

Badan Litbang Pertanian mengundang 111 peneliti lingkup Litbang Pertanian dari jenjang peneliti pertama dan peneliti muda untuk mengikuti Pelatihan Internalisasi Nilai-Nilai Manajemen Korporasi pada 17 – 19 Desember 2013. Bertempat di Pusat Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Ciawi, selama tiga hari para peneliti pertama dan peneliti muda dibekali berbagai materi dari para narasumber dan berdiskusi secara berkelompok. Pada acara pembukaan Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Haryono, menyampaikan tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan rasa persatuan para peneliti lingkup Litbang Pertanian dan meningkatkan pemahaman para peneliti tentang lembaganya. Dengan pemahaman yang baik tentang lembaganya diharapkan para peneliti tidak lagi bersikap atomic dan bekerja sendiri-sendiri untuk kepentingan sendiri namun berintegrasi untuk kemajuan pertanian Indonesia dan membawa manfaat bagi seluruh umat manusia. Lebih lanjut Dr. Haryono mengatakan, peneliti sebagai asset utama Badan Litbang harus membuka cakrawalanya, tidak hanya tahu masalah di UPT-nya sendiri, masalah komoditasnya sendiri. Peneliti harus banyak membaca buku yang bersifat filosofis dan terus melakukan peningkatan kualitas diri dan peningkatan hasil-hasil penelitian. Idealnya peneliti-peneliti muda terus mencari ilmu dan pengalaman, jika perlu diberikan tantangan yang berat. Ciri peneliti tangguh yang diharapkan Litbang Pertanian adalah yang mempunyai kecepatan (speed), kekuatan (power), dan ketahanan (endurance) yang baik.

Hari kedua diisi dengan materi dan diskusi. Materi yag disampaikan adalah; (1) Program, Strategi, dan Manajemen Korporasi Badan Litbang Pertanian oleh Dr. Kasdi Subagyono (Sesba Litbang Pertanian); (2) Perkembangan Terkini, Peluang dan Tantangan Litbang Komoditas oleh Dr. Hasil Sembiring (Kapus Litbang Tanaman Pangan); (3) Sumberdaya Pertanian: Capaian, Tantangan, dan Strategi ke Depan oleh Dr. Muhrizal S. (Kepala BBSDLP); (4) Litkajibangdiklatluhrap oleh Dr. Retno Sri Hartati M. (Kabid KSPHP BBP2TP); (5) Diseminasi dan Akses Informasi Pertanian oleh Drs. Bambang S Sankarto, MIM. (Pusat Pustaka); (6) Peningkatan HKI Hasil Inovasi Badan Litbang Pertanian oleh Prof. Erizal Jamal (Kepala BPATP); dan (7) Etika dan Budaya Kerja Peneliti oleh Prof. Sumarno. Selanjutnya pada acara diskusi dibagi dalam 3 kelompok dengan tema sesuai tag line Badan Litbang; Science, Innovation, dan Network. Masing-masing kelompok mendiskusikan dan membuat rumusan tentang hal-hal yang diharapkan peneliti muda kepada Badan Litbang dalam hal science, innovation, dan network. Hasil diskusi dan rumusan tiap kelompok dipresentasikan dan dibuat menjadi sebuah rumusan sebagai bahan masukan kepada Kepala Badan Litbang Pertanian. Hari ketiga diisi dengan internalisasi nilai-nilai korporasi dengan menghadirkan motivator Ir. Abdul Basith Achmad, MSc. Seorang peneliti harus selalu berfikir positif dan bertindak positif. Dalam presentasinya yang sangat menarik, Abdul Basith menjelaskan, 12 kunci sukses seseorang yaitu : (1), berani membuat keputusan make decision, (2) have big dreams, (3) plan to win, (4) take action, (5) believe + positive thinking, (6) be creative, (7) have a mentor, (8) best relationship builder, (9) focus, (10) responsible, (11) use time wisely, dan (12) persistence.

Pada acara penutupan Sekretaris Badan Litbang Pertanian, sekali lagi menekankan perlunya para peneliti pertama dan peneliti muda untuk mengenal dengan baik lembaganya dan mendukung semua programnya. Para peneliti diharapkan memantapkan corporate management dengan membangun kembali corporate culture serta melakukan perbaikan secara terus-menerus. Masukan berupa rumusan hasil diskusi kelompok akan digunakan sebagai bahan diskusi dengan Ka Badan, bahkan sebelum menutup Sesba memberikan PR agar peneliti dari kelompok Balit dan BPTP dapat membuat essay tentang permasalahan yang dihadapi dan tindakan yang diinginkan dari Badan Litbang yang diinginkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.Alfi