Berita » Pelatihan Peningkatan Etika Kerja

Untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) mengadakan pelatihan sehari tanggal 20 Agustus 2015. Pelatihan dilakukan di Auditorium Balitkabi diikuti 75 orang perserta dari pejabat struktural, Kepala Kebun, peneliti, teknisi, dan administrasi.

Pelatihan yang mengambil topik ‘Peningkatan Etika kerja: Membangun relasi menuju profesionalisme’ dengan nara sumber Dra. Christiana Sahertian dari Universitas Merdeka Malang yang juga instruktur John Robert Power International.

Agar sukses menjadi seorang yang profesional, harus memiliki kepribadian baik, integritas (yang dikatakan menyatu dengan tindakan), terampil berkomunikasi, kreatif, dan beretika, demikian kata Dra. Christiana Sahertian. Ada enam karakteristik orang profesional yaitu ethical, altruistic, responsible, theoretical, committed, dan intellectual.

Suasana pelatihan semakin segar ketika pelatih mempraktikkan secara langsung kepada para peserta pelatihan bagaimana berkomunikasi. Dalam materi yang disampaikan narasumber bahwa impression dalam relationship ditunjukkan dan dipengaruhi oleh bahasa tubuh sebesar 55%, perkataan yang berupa intonasi/ nada suara, sebesar 38% dan isi percakapan hanya 7%.

21-8-15

Pelatihan ini diharapkan dapat meng-upgrade diri untuk menjadi tenaga yang profesional di bidangnya baik dalam aspek utama penelitian maupun aspek keadministrasian.

EY