Berita » Pelatihan Peningkatan Kapasitas Teknisi dan Tenaga Administrasi Kebun Percobaan

Balitkabi pada tanggal 10–11 Agustus 2015 mengadakan pelatihan “Peningkatan kapasitas teknisi dan tenaga administrasi Kebun Percobaan lingkup Balitkabi”. Pelatihan dilakukan di Kebun Percobaan (KP) Muneng (Probolinggo) dan KP Genteng (Banyuwangi).

Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas peserta dalam bidang penelitian khususnya dan untuk menjadi tenaga profesional pada umumnya. Pelatihan diikuti oleh tenaga teknisi dan administrasi yang berjumlah 60 orang.

Materi pelatihan meliputi

  1. Optimalisasi teknik budidaya akabi sesuai tujuan penelitian dan produksi benih sumber,
  2. Perancangan percobaan: permasalahan dan pemecahannya,
  3. Administrasi dan kepegawaian: tantangan sebagai tenaga profesional,
  4. Standar pelaksanaan kegiatan penelitian di lahan petani: teknik lapang dan etika, dan
  5. Evaluasi.

Adapun nara sumber (pemberi materi) adalah peneliti dan staf administrasi dari Balitkabi yaitu: Dr. Andy Wijanarko, Dr. Rudi Iswanto, Ir. Fachrur Rozi, M.S., dan Drs. Subarkah. Respon peserta pelatihan cukup baik dan dinamis, tidak saja untuk materi teknik di lapang tetapi yang lebih antusias adalah tentang nasib tenaga harian Kebun Percobaan yang belum diangkat menjadi PNS dan sudah lama mengabdi di Kebun. Akhir dari sesi pelatihan dilakukan evaluasi kepada peserta untuk mengetahui umpan balik dan efektivitas pelatihan.

Pelaksanaan pelatihan di KP. Muneng Probolinggo (atas) dan di KP. Genteng Banyuwangi (bawah).

Pelaksanaan pelatihan di KP. Muneng Probolinggo (atas) dan di KP. Genteng Banyuwangi (bawah).

FR/RI/AWj