Berita » Pelaut Ulung Terlahir di atas Ombak Besar, Upaya Maknai Serangan Hama Tanaman

agrotis

Upaya pengumpulan ulat Agrotis ipsilon secara manual

Itulah yang sering disampaikan Menteri Pertanian kita Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. Berlalu tentu tidak, kita jadikan pedoman bekerja keseharian. Berusaha siapkan jawaban secara sains untuk pola tanam tumpang sari kedelai dengan jagung dan padi gogo, di awal sudah hadapi serangan “Mr. Black Cut Worm” Agrotis ipsilon.
Ini medan tempur bagi peneliti, teknisi dan koordinator KP Kendalpayak selaku tuan rumah kegiatan diseminasi pertanaman tumpang sari kedelai dengan jagung dan padi gogo. Diberi kesempatan untuk validasi serta verifikasi komponen atau rakitan bahkan rekomendasi pengendalian OPT kedelai.
Jangan pernah lupa dan ingkari, di balik semua kendala dan tantangan alam, pasti ada sebab dan jalan keluarnya. Kehidupan selalu menemukan jalannya.
Tetap semangat, mereka “Si Ulat Bumi” juga bersiap masuk fase kepompong untuk hindari Sang Predator dan lanjutkan generasinya. Enam minggu saja mereka punya kesempatan. Temukan titik lemahnya bukan untuk dibasmi atau diberantas, namun dikelola untuk keberlanjutan ekologi.

agrotis1

YB