Berita » Peluang Kembangkan Ubi Kayu Malang 4 di Kec. Semen, Kediri

malang41

Menjawab tantangan kebutuhan ubi kayu yang semakin meningkat, dengan semakin berkembangnya industri berbasis ubi kayu, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Kediri tanggal 17 Oktober 2018 mengadakan “Pelatihan Budi Daya Ubi Kayu, Program Pengembangan Teknologi Tanaman Pangan”, bertempat di Kantor BPP Kec. Semen, Kab. Kediri, diikuti sekitar 30 orang petani dan PPL. Narasumber dari Balitabi yaitu Kartika Noerwijati menjelaskan materi mengenai “Budi Daya dan Varietas Unggul Ubi Kayu”.

Kecamatan Semen memiliki prospek yang bagus untuk pengembangan ubi kayu. Berdasarkan keterangan Koordinator Penyuluh Pertanian setempat, Ir. Suharyono Kristanto, saat ini luas pertanaman ubi kayu di Kec. Semen masih sekitar 25 hektar. Peluang meningkatkan areal ubi kayu sangat terbuka luas karena minat petani yang cukup tinggi serta dukungan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Kediri.

malang4 malang42

Selain pelatihan budi daya, petani juga mendapat bantuan bibit ubi kayu Malang 4. Harga ubi kayu yang “menarik” di tahun 2018, menambah semangat petani untuk menanam. Ini sudah tahun kedua Dinas Pertanian dan Perkebunan memberikan bantuan bibit Malang 4 kepada petani di Kec. Semen. Hasil Malang 4 di tahun pertama cukup bagus, bahkan per pohon ada yang mencapai 15 kg.

KN