Berita » Pembahasan Capaian Kinerja 2013 dan Rencana Kerja Balitkabi 2014

a-marwoto_1

Dalam rangka penyempurnaan Rencana Kegiatan Litbang Pertanian TA 2014 dan sesuai dengan siklus perencanaan, Badan Litbang Pertanian mengevaluasi proposal RPTP/RDHP TA 2014 pada tanggal 13–15 Mei 2013 di Lido, Sukabumi. Capaian kinerja Balitkabi dan Rencana Kinerja Balitkabi tahun 2014 dibahas Tim Evaluator yang dibentuk oleh Badan Litbang Pertanian beranggotakan Profesor Riset Badan Litbang Pertanian.

Sesuai dengan tugas Balitkabi, kinerja yang dievaluasi mencakup bidang-bidang tugas: (1) penelitian, (2) pelayanan teknik, (3) kerjasama, informasi dan dokumentasi serta penyebarluasan dan pendayagunaan hasil penelitian tanaman KABI, dan (4) pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.


Situasi dan kondisi saat pembahasan rencana kerja 2013.Dr. M. Muchlish Adie Kepala Balitkabi saat menyampaikan recana kerja tahun 2014 (kanan).

Rencana kegiatan Balitkabi tahun 2014 yang dievaluasi mencakup 10 keluaran unggulan, yaitu: 1) Perakitan varietas unggul kedelai isoflafon tinggi, toleran masam, umur genjah biji besar >14 g/100 biji, 2) Perakitan varietas unggul kacang tanah tahan penyakit layu, produksi >2 t/ha, 3) Perakitan varietas unggul kacang hijau umur genjah, biji kecil, tahan Thrips, produktivitas > 2 t/ha, 4) Perakitan varietas unggul ubikayau umur genjah <8 bulan dengan kandungan pati tinggi 23%, 5) Perakitan varietas unggul ubijalar dengan kandungan antosianin >180 mg/100 g dan betakaroten tinggi >12 mg /100 g, 6) Teknologi budidaya kacang tanah di lahan salin dengan tingkat produktivitas tinggi >3 t/ha, 7) Teknologi pengelolaan hama terpadu penggerek polong kacang tanah di lahan masam, ramah lingkungan, menekan pestisida kimia >50%. 8) Teknologi budidaya ubikayu di bawah tegakan kawasan hutan dengan produktivitas tinggi >40 t/ha, 9) Model penyediaan benih untuk memenuhi kebutuhan benih kedelai di 7 Provinsi, 10) Teknologi Pengelolaan Hama Penyakit Utama Menggunakan Biopestisida, menekan pestisida kimia 50%. Target capaian pada tahun 2014 : Suber Daya Genetik 700 (Karakterisasi, Rejuvinasi, Ekplorasi ), Varietas Unggul KABI 7, Teknologi 9, Produksi Benih 32 t BS dan 22 t, Publikasi 63 judul.

Saran pembahasan oleh pembahas Prof. Dr. Bambang Suprihatno, Prof. Dr. Nur Richana, Prof Dr Said Damarjati dan Prof. Suwandi sepakat bahwa kegiatan penelitian ditekankan pada integrasi multidisiplin untuk memecahan masalah dalam satu kegiatan Rencana Penelitian Tim Peneliti (RPTP). Penelitian yang dirancang dinilai cukup baik dan perlu disempurnakan sesuai saran evaluator.

Mw/AW