Berita » Pembahasan Matrik Penelitian dan Diseminasi 2013

matrik20132

Para staf Balitkabi meliputi Penanggung Jawab Matrik Penelitian dan Diseminasi 2013, Penanggung Jawab PKPP, para Peneliti, Pejabat PPK, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha mengadakan pembahasan penelaahan matrik penelitian, Kamis, 29 Maret 2012. Dengan pembahasan matrik, diharapkan adanya masukan dari beberapa pihak sehingga kegiatan yang direncanakan bisa berjalan dengan baik. Prof. Marwoto bertindak sebagai pimpinan sidang. Dr. Nyoman Widiarta dan Ir Husni Kasim, M.Sc., dari Puslitbangtan sebagai pembahas dan mematangkan matrik yang telah disusun tim program Balitkabi. Dr. Nyoman menekankan bahwa matrik dan RAB harus disempurnakan dan siap pada bulan April. Selain itu, hasil pencapaian kegiatan 2012 harus segera dilaporkan.

Dr. Nyoman Widiarta dan Ir Husni Kasim, M.Sc.(dari kiri urutan 3 dan 4), dari Puslitbangtan sebagai pembahas dan mematangkan matrik yang telah disusun tim program Balitkab

Matrik penelitian yang dibahas meliputi: (1) pengelolaan dan pemberdayaan plasma nutfah aneka kacang dan umbi, (2) konsorsium percepatan pelepasan varietas unggul dan sistem produksi benih kedelai , (3) teknologi produksi untuk meningkatkan produktivitas kacang tanah dan kacang hijau 30-50%, (4) perakitan varietas ubi kayu umur genjah atau sedang, pati tinggi untuk industri dan pangan dengan potensial hasil lebih dari 50 t/ha dan perakitan varietas ubi jalar berkadar beta karoten (> 12.000 ug/100 g) dan antosianin (550 mg/100 g) sebagai pangan fungsional dengan potensi hasil > 35 t/ha, (5) perbaikan komponen teknologi  produksi untuk peningkatan produktivitas aneka kacang dan umbi 30-50% dari rata-rata nasional, (6) formulasi pestisida nabati dan agens hayati untuk pengendalian hama dan penyakit kedelai ramah lingkungan menghemat pestisida kimia 50%, (7) teknologi produksi yang mampu meningkatkan hasil ubi kayu dan ubi jalar 40-75%, (8) perakitan varietas kedelai tropis untuk lahan sawah (≥ 3 t/ha), toleran kekeringan (≥ 2,8 t/ha), naungan (≥ 2,0 t/ha), pasang surut (≥2,5 t/ha), dan cekaman biotik (≥ 2,5 t/ha), (9) perakitan varietas kacang tanah umur genjah 80-85 hari, toleran cekaman biotik dan abiotik dengan potensi hasil 4,0 t/ha, dan kacang hijau umur genjah toleran cekaman biotik utama potensi hasil > 2,0 t/ha, dan (10) produksi benih sumber aneka tanaman kacang dan umbi dengan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001-2008.

Dari pembahasan matrik penelitian tersebut, rencana output kegiatan Balitkabi tahun 2013 meliputi plasma nutfah 325, perakitan varietas unggul baru (VUB) sebanyak 6 (3 kedelai, 1 ubi jalar, 1 kacang tanah, dan 1 kacang hijau), teknologi sejumlah 10, benih BS sebanyak 44 ton, benih FS sebanyak 16 ton, dan total publikasi ilmiah adalah 43 (27 jurnal, 14 prosiding dan 2 buletin palawija). Perakitan VUB aneka kacang dan umbi dan publikasi ilmiah merupakan dua indikator output yang sangat ditekankan untuk dicapai.

Pada kesempatan ini, dibahas pula sosialisasi kegiatan PKPP-Ristek 2012. Empat peneliti Balitkabi yaitu Dr. M. Muchlish Adie yang saat ini menjabat sebagai kepala balai, Dr. A.A. Rahmianna, Ir. Budi S. Rajit, M.S., dan Dr. M. Jusuf selaku ketua tim penelitian dipercaya mendapatkan riset ini. Sistem pelaporan yang ditetapkan oleh pihak ristek melalui mekanisme on-line.

Di akhir acara, Prof. Marwoto dan Dr. Muchlish Adie menegaskan bahwa matrik masih perlu perbaikan, laporan RKTM perlu disederhanakan dan secara administratif dilakukan secara benar. Diagendakan akhir April dilakukan pembahasan RPTP 2013.

Penanggung Jawab Matrik Penelitian dan Diseminasi 2013, Penanggung Jawab PKPP, para Peneliti, Pejabat PPK, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha membahas matrik 2013