Berita » Pemulia Balitkabi Ikuti Launching Aplikasi Pelepasan Varietas

 

lepas

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) telah membangun aplikasi online pelepasan varietas tanaman sebagai implementasi terbitnya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pelepasan Varietas Tanaman, dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 45 Tahun 2019 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Bidang Pertanian. Pada Kamis, 14 Januari 2021, Pusat PVTPP melakukan launching dan simulasi aplikasi tersebut. Balitkabi yang diwakili anggota Kelompok Peneliti Pemuliaan, Plasma Nutfah dan Perbenihan mengikuti kegiatan launching secara daring.

Kegiatan ini dihadiri secara daring oleh lebih dari 250 instansi dari seluruh Indonesia yang meliputi: Direktorat Jenderal, Puslit, Balit, BPTP lingkup Kementan, Dinas Pertanian Provinsi, BPSB, Perguruan Tinggi, BUMN, produsen benih, dan lembaga terkait. Sebelumnya untuk pengujian, Pusat PVTPP telah melakukan simulasi di Laboratorium Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian pada tanggal 20 Januari 2020 yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Direktorat Jenderal Teknis terkait, penyelenggara pemuliaan, dan verifikator pada Pusat PVTPP.

Launching dan Simulasi Aplikasi Pelepasan Varietas V2 dibuka oleh Kepala Pusat PVTPP, Prof. (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan pengajuan pelepasan, pendaftaran, dan perlindungan varietas bisa diintegrasikan dalam satu sistem yang mempermudah stakeholder, sehingga prosesnya bisa lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya. Aplikasi ini merupakan upaya untuk mendukung program strategis Kementan khususnya pada program perbenihan dan kegiatan pemuliaan. Selain itu, juga merupakan bentuk komitmen dari Pusat PVTPP untuk terus memberikan pelayanan prima dengan berbagai kegiatan dan inovasi lainnya.

Simulasi penggunaan Aplikasi Pelepasan Varietas V2 ini dipandu oleh Tim IT dari Smart Soft Studio. Aplikasi dapat diakses dengan alamat https://pvt.pertanian.go.id/pelepasan/. Pada simulasi tersebut dijelaskan tentang fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi, alur proses pelepasan varietas, dan cara-cara pengisiannya. Di akhir acara dilakukan sesi diskusi dengan peserta, dan dari sini juga diharapkan ada feedback untuk penyempurnaan sistem aplikasi tersebut.

Kepala Pusat PVTPP Prof. (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. memberikan arahan pada Launching Aplikasi Pelepasan Varietas V2

Kepala Pusat PVTPP Prof. (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. memberikan arahan pada Launching Aplikasi Pelepasan Varietas V2

Aplikasi Pelepasan Varietas V2 (https://pvt.pertanian.go.id/pelepasan/)

Aplikasi Pelepasan Varietas V2 (https://pvt.pertanian.go.id/pelepasan/)

WR