Berita » Pendampingan Program Pembinaan Warga Lapas Palu Sulawesi Tengah

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah mendapat kepercayaan untuk membantu sebagai tenaga pendamping program pembinaan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palu,  sesuai dengan surat Kepala Lapas Kelas II A Palu No : W.24 Ea.PR 01.08.03-1007 tanggal 11 Juli 2016.

BPTP Sulawesi Tengah bersedia untuk berpartisipasi/bersinergi dalam bentuk penyediaan tenaga pendampingan khususnya di bidang Pertanian. Terkait dengan kegiatan tersebut BPTP Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (BALITKABI) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) pendampingan budidaya aneka kacang dan umbi.

FGD dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2016 di Ruang Seminar BPTP Sulawesi Tengah, yang diikuti oleh para peneliti dan penyuluh BPTP Sulawesi Tengah dengan narasumber dari Balitkabi. FGD diawali dengan penjelasan tentang peran tanaman aneka kacang dan umbi di Sulawesi Tengah oleh Kasubag TU BPTP Sulawesi Tengah, yang mewakili Kepala BPTP.

Materi bahan diskusi budidaya komoditas kedelai dan kacang tanah disampaikan oleh Prof. Dr. Marwoto (Koordinator Penelitian Komoditas Kedelai Balitkabi), Budidaya Kacang Hijau disampaikan oleh Dr. Rudi Iswanto (peneliti Kacang Hijau merangkap ketua Kelti Pemuliaan Balitkabi), dan materi budidaya ubikayu dan ubijalar disampaikan oleh Prof. Dr. Sudaryono (Koordinator penelitian komoditas Umbi-umbian Balitkabi).

Materi yang disampaikan dibahas untuk disesuaikan dengan kondisi agroekosistem Sulawesi Tengah. Hasil diskusi diharapkan dapat dirumuskan menjadi brosur/leaflet budidaya aneka kacang dan umbi yang praktis, mudah dipahami oleh para pengguna baik oleh warga binaan Lapas Kelas IIA Palu pada khususnya dan kepada para petani pada umumnya.

Pada kesempatan acara FGD budidaya aneka kacang dan umbi, diserahkan buku-buku budidaya aneka kacang dan umbi sebagai bahan penyusunan materi pendampingan kepada peneliti dan penyuluh BPTP Sulawesi Tengah.

FGD Pendampingan Budidaya Aneka Kacang dan Umbi kerja sama BPTP Sulawesi Tengah  dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

FGD Pendampingan Budidaya Aneka Kacang dan Umbi kerja sama BPTP Sulawesi Tengah dengan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Mwt/RI/AS