Berita » Pendatang Baru yang Memikat Produsen Benih Kedelai di Bima

Panen Detap 1 di Bima (foto Koleksi Bapak Burhan)

Panen Detap 1 di Bima (foto Koleksi Bapak Burhan)

Di awal Oktober 2017, ketika diinformasikan jika Balitkabi sedang merancang varietas kedelai yang tahan terhadap pecah polong, jajaran U.D. Pemuda Kreatif, produsen benih kedelai di Bima NTB, sangat antusias untuk mengenal dan memproduksinya. Di akhir 2019, U.D. Pemuda Kreatif, pertama kali, memproduksi benih kedelai Detap 1, dan langsung terpikat, karena keragaan Detap 1 di lapang yang mempesona.

Kabupaten Bima di NTB, merupakan salah satu sentra produksi kedelai dengan kelebihannya memiliki areal pengembangan kedelai pada berbagai musim tanam dengan luasan yang hampir sama. Potensi demikian, sekaligus menjadi keunggulan bagi produsen benih kedelai untuk memproduksi benih baik pada musim kemarau maupun musim penghujan.

Tahun ini, produksi benih kedelai Detap 1 yang dilakukan oleh U.D. Pemuda Kreatif dilakukan pada musim penghujan. Dengan menerapkan jarak tanam lebar, 60 x 40 cm, sebanyak 2-3 tanaman per lubang, Detap 1 mampu tampil optimal. Ketika ditanyakan, berapa hasil biji dari Detap 1, dengan penuh semangat, Pak Burhan, penggiat U.D. Pemuda Kreatif menjelaskan mampu menghasilkan biji di atas 3 t/ha. Pak Burhan dengan antusias memperlihatkan proses pembijian Detap 1 saat prosesing pada 29 Maret kemarin, meskipun baru beberapa luasan, telah dihasilkan sebanyak lima (5) karung biji kedelai. Dituturkan lebih lanjut, bahwa hasil benih dari Detap 1 ini, akan disebarkan ke petani korporasi binaan, istilah Pak Burhan.

Masih menilai keunggulan menurut Bapak Burhan, ternyata Detap 1 umurnya lebih genjah dibandingkan Anjasmoro dengan polong sangat banyak. Bentuk dan ukuran bijinya mirip dengan Anjasmoro. Disampaikan lebih lanjut jika U.D. Pemuda Kreatif, siap menjadi perpanjangan tangan BPTP Balitbangtan NTB dan Balitkabi, yang selama ini telah terjalin dengan baik, dan ke depan tetap terbuka menerima inovasi baru.

Mengakhiri testimoninya, Pak Burhan mewakili U.D. Pemuda Kreatif, berterima kasih atas pendampingan Balitkabi, semoga Detap 1 berkembang di Bima dan sekitarnya, demikian harapannya.

detap1 detap2 detap3
 Keragaan Polong Detap 1(kiri),Bapak Burhan memperlihatkan hasil panen Detap 1 Di Bima (kanan). (foto Koleksi Bapak Burhan)

MMA