Berita » Peneliti Balitkabi ikuti International Conference on Green Technology 2019

Pembicara kunci dan panitia pada International Conference on Green Technology 2019

Pembicara kunci dan panitia pada International Conference on Green Technology 2019

Sejak dimulainya revolusi industri, dunia termasuk Indonesia telah mengalami perubahan iklim dengan cepat. Terbukti dengan terjadinya kekeringan yang berkepanjangan, menipisnya cadangan air tanah, penyebaran penyakit dan makroparasit yang cepat, dan kepunahan beberapa spesies. Teknologi ramah lingkungan “green technology” memberi harapan untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global tersebut. Beranjak dari fenomena tersebut UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan International Conference on Green Technology (ICGT 2019) di Malang pada 2-3 Oktober 2019. Seminar bertema “Empowering the 4.0 industrial revolution through green science and technology”.

Seminar internasional ini dibuka oleh Wakil Rektor IV UIN Maulana Malik Ibrahim, Dr. Uril Bahrudin, MA. Bahrudin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara seminar internasional ini. Disampaikan juga bahwa era revolusi industri keempat ini akan mempengaruhi semua aspek peradaban umat manusia. Diharapkan Bahrudin melalui kegiatan seminar ini para ilmuwan, peneliti, dan pelaku industri dapat bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkontribusi memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan dalam mendukung revolusi industri 4.0.

Kegiatan ICGT merupakan seminar rutin yang diselenggarakan setiap tahun dan kali ini memasuki tahun ke sepuluh. Konferensi dihadiri empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Delapan pembicara kunci yaitu Prof. Fumihiro Morishita dari Graduate School of Science Hiroshima University, Prof. Kanokwan Poomputsa King Mongkut’s dari University of Technology Thonburi, Thailand, Mohamad Saufi bin Rosmi dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, Prof. Drs. Darsono, M.Sc dari Badan Tenaga Nuklir Nasional, Dr. Wasilah Sihabuddin S.T., M.T dari UIN Alauddin Makassar, Dr. Akyunul Jannah S.Si, M.P dan Dr. Kiptiyah M.Si dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta Eriyanto Yusnawan, S.P., Ph.D dari Balitkabi menyampaikan materi yang sangat menarik dari berbagai disiplin ilmu.

Pada kesempatan ini, Eriyanto Yusnawan, SP., Ph.D membawakan materi tentang “Beneficial role of Trichoderma in agriculture: a study in leguminous plants”. Sebanyak 190 makalah dipresentasikan pada seminar tersebut oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti dari dalam dan luar negeri baik secara oral maupun poster.

Beberapa peneliti Balitkabi ikut berpartisipasi dengan menyampaikan makalah dalam bentuk oral dan poster. Makalah Balitkabi tersebut yaitu : Productivity of soybean under palm oil plantation on tidal swamps due to several packages of technology (Arief Harsono), Response of groundnut promising lines to various environments (Joko Purnomo), Pod yield and haulm weight peanut cultivars grown in dry lands with dry climate (A.A. Rahmianna), Selected purple-fleshed sweet potato genotypes with high anthocyanin contents (Erliana Ginting, Rahmi Yulifianti, Febria Cahya I), Assessment of agronomic performance and shattering resistance of f7 soybean lines (Ayda Krisnawati, A. Sugianto, B. Waluyo, Kuswanto), dan Biological control of Bemisia tabaci gennadius by using entomopathogenic fungi Aschersonia aleyrodis (Yusmani Prayogo, Marida Santi Yudha).

Pada ICGT 2019 ini, Ayda Krisnawati, salah satu peneliti junior bidang Pemuliaan Tanaman Balitkabi memperoleh penghargaan sebagai “The 2nd best oral presenter”.

Melalui kegiatan seminar internasional ini, diharapkan para akademisi dan peneliti dapat berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu dalam mengoptimalkan pemanfaatan hasil penelitian yang ramah lingkungan untuk mendukung revolusi industri 4.0.

 

Eriyanto Yusnawan, S.P., Ph.D., salah satu pembicara kunci dari Balitkabi sedang memaparkan makalahnya

Eriyanto Yusnawan, S.P., Ph.D., salah satu pembicara kunci dari Balitkabi sedang memaparkan makalahnya

Peneliti Balitkabi yang berpartisipasi dalam ICGT 2019

Peneliti Balitkabi yang berpartisipasi dalam ICGT 2019

MSYIB/EY