Berita » Peneliti Balitkabi Ikuti Pelatihan Penulisan untuk Publikasi Internasional

“Publikasi Internasional merupakan salah satu bentuk “pergaulan scientific” para peneliti dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Walaupun berada di kementerian teknis, membungkus data sesuai “korps Badan Litbang” melalui tulisan ilmiah merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral peneliti atas anggaran negara yang telah digunakan”, ujar Dr. M. Prama Yufdy (Sekretaris Balitbangtan) dalam arahannya pada acara “Bimtek KTI untuk Publikasi Internasional” tanggal 17−20 Juli 2017 di Bogor.

Peserta pelatihan berfoto bersama dengan Dr. Prama Yufdy.

Peserta pelatihan berfoto bersama dengan Dr. Prama Yufdy.

Dua peneliti Balitkabi, Ayda Krisnawati, M.Sc. dan Ratri Tri Hapsari, M.Si. berkesempatan mengikuti pelatihan bimtek KTI yang diselenggarakan oleh BPATP. Selama tahun 2017 ini, BPATP telah mengadakan bimtek untuk ketiga kalinya. Bimtek kali ini, diikuti oleh 30 peserta dari berbagai satker di Balitbangtan. Sebanyak 30 KTI dari 30 peserta ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 49 KTI yang masuk ke panitia. Tujuan pelatihan KTI adalah untuk meningkatkan kapasitas peneliti Balitbangtan dalam publikasi internasional.

Suasana pemberian materi pelatihan (kiri) dan pembimbingan KTI oleh editorial IJAS (kanan).

Suasana pemberian materi pelatihan (kiri) dan pembimbingan KTI oleh editorial IJAS (kanan).

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari ini menghadirkan narasumber yang telah banyak berkecimpung dalam penulisan jurnal ilmiah berskala internasional dan redaksi pelaksana di jurnal Balitbang yang telah terakreditasi. Materi yang disampaikan, diantaranya: (1) Key for succes to publish in International Journal disampaikan oleh Dr. Markus Anda, M.Sc., (2) Teknik Penulisan KTI dalam bahasa Inggris disampaikan oleh Prof. Supriadi, (3) Tahapan publikasi jurnal ilmiah melalui OJS disampaikan oleh Slamet Sutriswanto, A.Md., (4) Manajemen Pustaka dengan aplikasi Mendeley disampaikan oeh Prof. Ismeth Inounu, (5) Gaya selingkung jurnal ilmiah disampaikan oleh Ir. Endang Setyorini, M.Si., dan (6) Pengantar Scientific Writing disampaikan Santi Budi Lestari, M.A. dari FIB UI. Selain mendapatkan materi pelatihan, peserta juga mendapatkan pembimbingan dari editorial board IJAS (Indonesian Journal of Agricultural Science).

 

RTH/AK