Berita » Peneliti Balitkabi mengikuti Semnas Pemanfaatan Biodiversitas untuk Pengembangan Industri Berkelanjutan

Fakultas Matematika dan IPA (MIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan masyarakat Biodiversitas Indonesia pada tanggal 7 November 2015 mengadakan seminar nasional biodiversitas dengan mengusung tema “Pemanfaatan Biodiversitas untuk Pengembangan Industri Berkelanjutan”.

Keynote speaker dalam acara ini adalah Dr. Ir. Syahruddin Said, M.Agr.Sc (dari LIPI), Dr. Agung Budiarjo, M.Si (dari UNS), dan Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. (dari UNS).

Topik pembahasan masing-masing pembicara berturut-turut adalah

  1. Pengembangan sapi melalui bioteknologi,
  2. Peranan biodiversitas dan bioteknologi dalam ilmu pengetahuan dan peradaban manusia, serta
  3. Pengembangan budidaya ikan sidat di Indonesia.

Para peserta sangat antusias terhadap paparan dari ketiga pembicara, karena hasil penelitian dasar yang yang disampaikan dapat dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat dan pengusaha.

Dua peneliti Balitkabi bidang hama penyakit tanaman dan ekofisiologi tanaman Tantawizal, S.P. dan Sutrisno, S.P. Tantawizal, S.P. mempresentasikan makalah yang berjudul: “Dampak aplikasi Lecanicillium lecanii (Bio-Lec) terhadap kelangsungan hidup Oxyopes javanus Throll, Paedorus fuscipes Curtis (Coleoptera : Staphylinidae) dan Ciccinella sp (Coleoptera)” dan “Identifikasi jenis dan populasi hama, musuh alami, serta tingkat kerusakan yang ditimbulkan pada fase generatif pada tanaman kacang hijau”.

Sedangkan Sutrisno, S.P. menyampaikan makalah yang berjudul: “Respon pertumbuhan kedelai dan kacang tanah pada musim tanam kelima dan keenam terhadap residu pupuk KCL musim tanam pertama serta” dan “Tingkat serangan Cowpea Mild Mottle Virus dan pengaruhnya terhadap keragaan kedelai introduksi Korea Selatan”.

Makalah yang dipresentasikan pada seminar ini sebanyak 171 makalah yang terdiri dari 128 makalah oral dan 43 makalah poster. Peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dari Sumatera Utara hingga Sulawesi Utara yang terdiri dari para mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi, dan peneliti dari berbagai instansi.

Foto bersama para peserta semnas Biodiversitas

Foto bersama para peserta semnas Biodiversitas

Sutrisno